Bupati Didesak Copot Kadis PU – Berita Kota Makassar
Sulselbar

Bupati Didesak Copot Kadis PU

MAKALE, BKM — Banyaknya proyek tahun 2015 lalu yang diduga bermasalah karena volume dan kualitas tidak sesuai dengan pembayaran sehingga diduga terjadi kerugian keuangan negara.
Hal sama juga terjadi pada proses tender proyek tahun 2016 banyak kontraktor yang tidak memperhatikan kualitas proyek.
Aktivis Serikat Pemuda Toraja (SPT) Jens Batara Rabu (19/10) saat menggelar aksi unjuk rasa di Kantor Dinas PU, Kejari dan DPRD mengakui semua proyek diduga tidak beres skenarionya Dinas PU. Kadis dan PPK harus bertanggungjawab apalagi kerugian keuangan sudah menjadi temuan Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) Perwakilan Sulsel pada LHP 2015 lalu.
Massa SPT menilai Kadis PU Ir Haris Paridi menjadi biang kerok proyek bermasalah di Tana Toraja. Olehnya itu Jeans mendesak Bupati Nicodemus Biringkanae segera mencopot Haris.
Pasalnya, Kadis PU latar belakang keilmuannya adalah sarjana kehutana sehingga tidak memiliki keahlian dan kompetensi teknik terjadi infrastruktur jalan dan jembatan.Kadis PU jelas Jean termasuk sala satu anggota tim 9 pembebasan lahan Bandara Mengkendek dan telah ditetapkan sebagai tersangka dan kini ditahan di Mapolda Sulsel bersama Kepala Bappeda Yunus Sirante dan Kadishub dan Infokom Agus Sosang.
”Kadis PU Tator sudah tersangka jadi wajar dicopot dari jabatannya,” tambahnya.
Korlap aksi Suandi Sipi mengatakan hasil investigasi SPT proyek amburadul didanai DAK tambahan 2015 ada 7 paket ruas jalan senilai Rp.7.688.572.000, namun hanya mampu direalisasikan Rp.5.112.900.380 masing-masing ruas jalan Patongloan-Rayan, Burasia-Bau, Kota-Ulusalu, Se’seng-Bolokan, Ulusalu-Rea, Kalembang-Belalang, dan Pondingao-Rembo.
Demikian pula 7 paket di Toraja Barat, sambung Suandi Sipi, masih didanai DAK tambahan 2015 senilai Rp.8.830.209.000, realisasi pembayaran hanya Rp.5.872.088.985, masing-masing ruas Sandangan-Masuppu, Masuppu-Lekke, Lekke-Buangi , Matangli-Balepe, dan Kondodewata-Saruran.
Ketua Komisi III DPRD Tana Toraja Kristian Lambe didampingi Andarias Buttutasik, Paulus Paonganan, dan Adolfina M Pakonglu saat menerima Pendemo salut dan apresiasi demo hari ini karena muaranya peningkatan mutu dan kualitas pembangunan. (gus/D).

Comments

Copyright © 2017 Berita Kota Makassar.

To Top