Perusda Sulsel Dibobol, Rp200 Juta tak Disentuh – Berita Kota Makassar
Headline

Perusda Sulsel Dibobol, Rp200 Juta tak Disentuh

MAKASSAR, BKM — Belum lagi terungkap pelaku pencurian di SMAN 1 Makassar, peristiwa pembobolan kantor kembali terjadi. Kali ini di kantor Perusahaan Daerah (Perusda) Sulsel Jalan Sungai Saddang, Kompleks Latanete Plaza Blok E3-4.
Pelaku yang diperkirakan beraksi Rabu (19/10) pukul 08.00 Wita, berhasil membawa kabur inventaris kantor berupa satu unit laptop merek Deal warna hitam, serta uang tunai senilai Rp2,3 juta yang tersimpan di dalam laci meja.
Kepala Kepolisian Sektor (Kapolsek) Ujung Pandang, AKP Ananda Fauzi Harahap mengkonfirmasi hal itu kepada BKM, kemarin. Ia menjelaskan, pihaknya menerima informasi dari pihak Perusda yang kantornya dibobol maling. Polisi langsung ke lokasi dan melakukan olah tempat kejadian perkara (TKP). Termasuk mengambil keterangan sejumlah saksi.
”Dari hasil pemeriksaan di lokasi, pelaku masuk ke salah satu ruangan di lantai tiga setelah terlebih dahulu mencungkil pintu ruangan. Selanjutnya mengambil satu unit laptop serta uang tunai Rp2,3 juta,” jelas Ananda Fauzi.
Ada kecurigaan polisi dalam kejadian ini. Sebab ketika memasuki kantor di lantai satu, tidak ditemukan kerusakan apapun.
”Pintu masuk di lantai dasar tidak mengalami kerusakan. Tidak ada upaya paksa. Namun saat kami naik di lantai tiga, terdapat bekas cungkilan pada pintu ruangan. Tapi bekas cungkilan itu tidak lazim. Hanya berbekas sedikit,” beber Ananda.
Keterangan yang diperoleh polisi, menurut Kapolsek, kunci kantor dipegang oleh tiga orang. Masing-masing Abbas, Sangkala dan Miru. ”Ketiganya akan kita periksa dan mintai keterangan. Kami masih melakukan olah TKP,” ujarnya.
Di dalam ruangan yang dibobol pelaku, terdapat lima meja. Di dalam laci pada tiga meja terdapat uang yang jumlahnya mencapai ratusan juta. Beruntung, pelaku tidak mengetahuinya sehingga tetap aman di tempatnya.
”Ada sekitar Rp200 juta uang yang tersimpan di dalam ruangan itu dan tidak diambil pelaku. Bahkan tak ada bekas sentuhan di tempat penyimpanannya. Disamping meja diletakkan sebuah laptop. Nah, laptop itulah yang dibawa kabur pelaku,” terangnya.
Laptor yang digondol maling ini, disebutkan kerap digunakan pegawai Perusda bernama Akmal. Ia bertugas sebagai Satuan Pengawas Internal (SPI) Kantor Perusda.
”Dari keterangan Akmal, di dalam laptop yang hilang itu terdapat file yang sifatnya rahasia. Termasuk file tentang kondisi perusahaan secara umum serta keuangan. Laptop itu juga inventaris kantor. Kami masih melakukan interogasi dan mengambil keterangan saksi-saksi,” jelasnya.
Untuk memudahkan petugas dalam mengungkap kasus ini, rekaman CCTV yang ada di kantor perusda akan diambil untuk diperiksa. Ananda berharap pelaku bisa segera tertungkap. Dihubungi terpisah, kemarin, Direktur Utama Perusda Sulsel, Haris Hodi mengaku sama sekali belum mengetahui informasi jika kantornya dibobol maling. “Saya belum tahu, dek. Dari mana infonya?” kata Haris balik bertanya.
Dia berdalih, beberapa hari terakhir dirinya sangat sibuk dalam rangka Hari Jadi Sulsel sehingga belum masuk kantor. Orang-orang di Perusda juga dikatakannya belum mengabari adanya aksi pencurian di perusahaan milik Pemprov Sulsel tersebut.
“Saya belum dikabari soal itu. Infonya dari mana? Kalau dari kepolisian, tanya saja pihak polisi. Saya masih sibuk ikut rapat HUT Sulsel,” pungkasnya. (ish-rhm/rus)

Comments

Social Media

Dalam melaksanakan tugas jurnalistik, wartawan Berita Kota dibekali tanda pengenal. Tidak diperkenankan menerima, apalagi meminta, imbalan dari siapapun, dalam bentuk apapun, serta dengan alasan apapun.

Copyright © 2017 Berita Kota Makassar.

To Top