Jalan Kaki dari Rumah ke Sekolah Dijadikan Latihan – Berita Kota Makassar
Headline

Jalan Kaki dari Rumah ke Sekolah Dijadikan Latihan

BKM/MUH SYAHIDIN Komisaris

SULAWESI SELATAN memiliki banyak pelajar dengan berbagai prestasi. Bukan hanya akademik, tapi juga di bidang lain. Salah satunya olahraga.
Komisaris, siswa SMAN 3 Sinjai Selatan, Kabupaten Sinjai telah menorehkan prestasi yang patut dibanggakan. Ia terpilih mewakili pelajar Sulsel untuk ikut pada ajang lomba lari antarsiswa tingkat SMA se-Indonesia di Jakarta, 31 Juli lalu. Komisaris ambil bagian pada lari 100 meter.
Sebelum ke Jakarta, Komisaris berhasil menyisihkan pelajar lainnya yang berasal dari 24 kabupaten/kota di Sulsel. Di tingkat nasional, ia mampu berada di urutan ke 10.
Berada di posisi 10 besar se-Indonesia, Komisaris terus berusaha untuk menjadi yang terbaik. Iapun berlatih berlari sejauh tiga kilometer per hari di kampungnya Desa Songing. Selain itu, juga lari naik turun gunung.
”Saya masih terus berlatih agar bisa menjadi juara nasional tahun depan. Pengalaman kemarin menjadi pengalaman saya,” kata Komisaris.
Guru dan teman-teman sekolah terus memotivasi dan mensupport Komisaris untuk menjadi juara lari nasional. Kelemahan karena masih kurang kosentrasi saat bertanding di Jakarta beberapa waktu lalu, kini dibenahi.
Saat bertanding, menurut Komisaris, dirinya star di urutan kedua. Namun, sekitar 50 meter sebelum finish ia menyerah. Terakhir Komisaris berada di urutan 10 dari 35 provinsi. Waktu yang dicatatnya 11.04 detik.
Komisaris kini tengah mempersiapkan diri untuk mengikuti Porda tahun 2018 di Pinrang.
Keberhasilan Komisaris diraih di tengah keterbatasan ekonomi kedua orang tua. Bapaknya, Darussalam sehari-harinya berprofesi sebagai petani. Sementara ibunya, Nurliang bekerja sebagai guru Taman Kanak-kanak (TK).
Jarak dari rumah ke sekolah sejauh 5 km. Komisaris menempuhnya dengan berjalan kaki. Setidaknya ini menjadi salah satu latihan untuk ketahanan fisiknya.
”Tiap hari saya jalan kaki ke sekolah, Pak. Ini saya anggap sebagai latihan fisik,” ujarnya sambil tersenyum. (din/rus/c)

Comments

Social Media

Dalam melaksanakan tugas jurnalistik, wartawan Berita Kota dibekali tanda pengenal. Tidak diperkenankan menerima, apalagi meminta, imbalan dari siapapun, dalam bentuk apapun, serta dengan alasan apapun.

Copyright © 2017 Berita Kota Makassar.

To Top