Gojentakmapan

Dua Rumah dan Motor Ludes

BKM/KR KULLE SISA KEBAKARAN -- Sejumlah petugas kepolisian sedang melakukan pembersihan puing-puing di lokasi kebakaran.

JENEPNTO, BKM — Si jago merah mengamuk meluluhlantahkan dua rumah, dua unit sepeda motor, dan tiga ekor kambing serta puluhan karung gabah, Rabu (19/10) pagi. Banyaknya kerugian yang harus ditanggung masyarakat diakibatkan mobil dinas pemadam kebakaran (Damkar) milik Pemkab Jeneponto, lambat tiba di lokasi.
Padahal, jarak antara fool Damkar dan lokasi kebakaran kurang dari satu kilometer yang terletak di Jalan Kelara, Bontosunggu. Salah seorang tokoh masyarakat setempat, Sirajuddin Daeng Tammu, mengatakan, kebakaran terjadi sekitar pukul 08.00 wita. Dua rumah yang terbakar masing-masing milik Puang Pardi dan Jabbar serta dua unit sepeda motor, tiga ekor kambing, dan puluhan gabah milik Puang Pandi. Kerugian ditaksir mencapai Rp200 juta.
Tammu mengatakan, api berasal diduga dari kamar Nandar, anak Puang Pardi yang terletak di tengah rumah Puang Pardi. Api tiba-tiba membumbung tinggi dan sulit dikendalikan. Akibatnya rumah panggung yang terbuat dari kayu langsung merembet ke rumah milik Jabbar. Namun sangat disayangkan, petugas Damkar baru tiba sekitar 30 menit kemudian. Empat unit mobil Damkar tiba di tempat kejadian.
Namun kelambanan petugas Damkar dibantah Lurah Empoang Kota, Ardi Djahini Karaeng Rapi. Dikatakan, justru petugas Damkar bereaksi cepat. Jika tidak, rumah yang terletak di samping rumah Jabbar akan ikut terbakar. Namun diakui Ardi, reaksi masyarakat terlalu tinggi ingin membantu kalau ada rumah kebakaran. Sehingga mobil Damkar agak terlambat di daerah pastur. Karena ada kegiatan FASI, juga banyak mobil pete-pete angkutan parkir di bahu jalan di Jalan Kelara, sehingga menyulitkan mobil Damkar lewat.
Kepala BPBD Jeneponto, Anwaruddin Munassar, mengatakan, untuk membantu meringankan beban para korban, pihaknya sudah dibuat tenda penampungan korban kebakaran. Juga, sudah dibantu makanan siap saji seperti mie instant, beras, air minum mineral kemasan gelas, sarung, serta peralatan dapur. (krk/mir/c)

loading...
Comments

Copyright © 2017 Berita Kota Makassar.

To Top