Damri Jajaki Buka Dua Rute Baru BRT – Berita Kota Makassar
Metro

Damri Jajaki Buka Dua Rute Baru BRT

MAKASSAR, BKM — Perum Damri kembali menjajaki rencana pembukaan dua rute baru untuk Bus Rapid Transit (BRT) atau busway bulan ini.
General Manager Perum Damri Makassar, Ilyas Harianto, dua rute yang dimaksud adalah Malengkeri-Pattalassang lewat Hertasning dan koridor 5 yakni Untia-Panampu-Sungguminasa.
Ilyas menyebutkan, usulan itu akan dikonsultasikan terlebih dahulu ke Dinas Perhubungan Sulsel. Jika memang disetujui, akan dioperasikan dalam bulan ini.
Jika koridor tersebut dibuka, untuk tahap awal atau sosialisasi, akan disiapkan lima unit BRT untuk setiap rute. Jika permintaan dan animo masyarakat menggunakan moda transportasi umum tersebut cukup besar, maka unit BRT nya tentu akan ditambahkan. Terkait halte atau lokasi pemberhentian BRT nantinya, kata Ilyas, pihaknya akan berkoordinasi dengan Dishub karena ranah itu merupakan kewenangannya.
Berdasarkan hasil survey Perum Damri, dibutuhkan sekitar 30 halte untuk melayani dua rute tersebut. Kemungkinan besar untuk pengadaan halte, baru akan terakomodir pada 2017 mendatang. Untuk rute Terminal Mallengkeri-Pattalassang tarif yang akan diberlakukan sebesar Rp5000. Sementara Untia-Panampu-Sungguminasa Rp10 ribu.
Sementara itu, Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Perhubungan Sulsel, Ilyas Iskandar mengatakan, usulan Peruma Damri tersebut akan dikaji terlebih dahulu. Sejauh ini, dia mengaku Dishub belum menerima usulan tersebut.
“Kita akan tinjau dulu seperti apa. Jika memang efektif dan dibutuhkan masyarakat, tentu akan kita support,” kata Ilyas di sela-sela peringatan HUT Sulsel ke-347, Rabu (19/10).
Dia melanjutkan, untuk pembangunan halte BRT, pihaknya akan melanjutkan pada tahun 2017 mendatang. Melalui APBD Pokol 2017, Dishub telah mengusulkan Rp15 miliar untuk pembangunan halte yang dibutuhkan.
Anggaran itu untuk melengkapi halte yang dibutuhkan pada rute yang sudah ada serta persiapan pembangunan halte baru untuk rute yang akan dibuka.
Untuk memaksimalkan layanan BRT, lanjutnya, Dishub juga sudah mengusulkan ke Kementerian Perhubungan, pengadaan 50 unit BRT baru. Namu , kata Ilyas, kemungkinannya Dishub belum bisa menyanggupi seluruh permintaan Sulsel tersebut. Kemungkinan besar, hanya 30 unit yang akan diberikan paling lambat akhir tahun ini.
“Usulan kami 50 unit BRT kemungkinan besar belum terealisasi sepenuhnya. Mungkin yang disanggupi bari sekitar 30 unit.” Pungkasnya. (rhm)

Comments

Social Media

Dalam melaksanakan tugas jurnalistik, wartawan Berita Kota dibekali tanda pengenal. Tidak diperkenankan menerima, apalagi meminta, imbalan dari siapapun, dalam bentuk apapun, serta dengan alasan apapun.

Copyright © 2017 Berita Kota Makassar.

To Top