Headline

Hindari Mark Up Harga Barang, LKPP Siapkan e-Katalog

E-Katalog-Permudah-Pengadaan-Logistik-PilkadaMAKASSAR, BKM — Pemerintah terus berkomitmen memberikan pelayanan maksimal kepada masyarakat di berbagai sektor. Salah satunya dalam sistem pengadaan barang dan jasa oleh Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang dan Jasa Pemerintahan (LKPP). Lembaga ini mulai menerapkan program elektronik katalog atau e-katalog.
Untuk makin mengenalkan program ini, LKPP melakukan sosialisasi e-Katalog di lingkup Aparatur Sipil Negara (ASN), di Hotel Grand Clarion Makassar, Selasa (18/10). LKPP menggandeng PT Airmas Pantero Sinergi selaku mitra kerja dalam hal penyedia online shop pada e-Katalog LKPP. Gubernur Sulsel diwakili Asisten II Bidang Ekonomi Pemprov Sulsel, Abdul Haris, mengatakan, pengadaan barang dan jasa pemerintah yang efisien dan efektif merupakan salah satu bagian penting dalam memperbaiki keuangan negara maupun daerah.
Menurutnya, penilaian kebutuhan melalui sistem pengadaan secara elektronik dalam pengadaan barang dan jasa merupakan suatu hal yang amat penting dan stalrategis, di era perkembangan teknologi dan informasi. ”Dituntut kemampuan profesional dalam persaingan usaha yang sehat, dengan mengutamakan akuntabilitas dan peningkatan transparansi dalam pelaksanaan pengadaan barang dan jasa pada instansi pemerintah,” ungkapnya.
Ia berharap, melalui sosialisasi tersebut, akan lahir para pelaksana atau pelaku pengadaan barang dan jasa pemerintah yang memiliki komitmen tinggi dan profesional dalam mengaplikasikan dan mengimplementasikan sistem secara elektronik.
Sementara itu, Managing Director PT Airmas Perkasa, Basuki Surodjo mengemukakan, pihaknya siap membantu menyukseskan program LKPP.
E-Katalog merupakan katalog dalam bentuk website untuk pengadaan barang dan jasa di instansi pemerintah. Untuk sementara ini, baru peralatan elektronik yang ditawarkan. E-Katalog dibuat untuk mengedepankan transparansi dan menghindari terjadinya permainan harga pada pengadaan barang dan jasa di instansi pemerintah.
”Jadi kalau ada yang mau pesan barang untuk pengadaan kantor, bisa pesan atau lihat harga lewat e-Katalog,” jelasnya.
Lanjut dikatakan, hingga saat ini pihaknya telah memiliki delapan cabang di seluruh Indonesia, termasuk satu di Sulsel. ”Dalam waktu dekat kami akan membuka dua sampai tiga cabang lagi. Tapi dari semua cabang, antusias terbesar itu di Sulsel,” ungkapnya. (rhm/mir)

loading...
Comments

Copyright © 2017 Berita Kota Makassar.

To Top