Gowa Jadi Referensi Sulsel – Berita Kota Makassar
Gojentakmapan

Gowa Jadi Referensi Sulsel

GOWA, BKM — Kabupaten Gowa yang telah bertahun-tahun menerapkan Wajib Belajar (Wajar) 12 tahun, kini menjadi daerah referensi bagi provinsi Sulsel. Hal itu ditandai ketika tim panitia khusus (Pansus) Ranperda Wajar 12 Tahun DPRD Sulsel melakukan kunjungan ke Pemkab Gowa, Jumat siang (14/10).
Dalam kunjungan studi komparatif tersebut, Pansus DPRD Sulsel ini memilih kabupaten Gowa sebagai fokus penggodokan Ranperda Wajib Belajar 12 Tahun yang tengah disusun di Sulsel. ”Kita pilih Gowa karena baru Pemkab Gowa yang memiliki Perda seperti ini. Sehingga tim kami datang ke Gowa untuk mendapatkan penjelasan sebagai guide kami sekaligus mengetahui apa kendala yang dihadapi dalam Ranperda Wajib Belajar itu,” kata Hj Rudni Kasman selaku ketua rombongan Pansus Ranperda Pendidikan saat diterima di Baruga Karaeng Pattingalloang oleh Sekkab Gowa, H Muchlis didampingi jajaran SKPD dinas pendidikan olahraga pemuda Gowa serta dinas kehutanan Gowa.
Muchlis dalam kesempatan itu, menyambut hangat kedatangan rombongan Pansus ini. Menurutnya, Perda No 10 Tahun 2009 tentang Wajib Belajar merupakan kelanjutan dari Perda Pendidikan Gratis No 4 Tahun 2008.
”Gowa memiliki Perda Pendidikan Gratis membuka akses seluruh siswa usia wajib belajar untuk masuk bersekolah menerima layanan proses belajar mengajar. Tidak cukup dengan itu, dibuat lagi Perda Wajib Belajar. Dimana didalamnya terkandung sanksi jika orangtua tidak menyekolahkan anaknya.
”Ada sanksi kurungan badan atau denda. Sampai saat ini sanksi belum ada. Tapi ini menjadi motivasi bagi orangtua untuk menyekolahkan anaknya,” jelas Muchlis. (sar/mir)

Comments

Social Media

Dalam melaksanakan tugas jurnalistik, wartawan Berita Kota dibekali tanda pengenal. Tidak diperkenankan menerima, apalagi meminta, imbalan dari siapapun, dalam bentuk apapun, serta dengan alasan apapun.

Copyright © 2017 Berita Kota Makassar.

To Top