Bentuk Otot Tubuh dan Bakar Kalori Lebih Cepat – Berita Kota Makassar
Headline

Bentuk Otot Tubuh dan Bakar Kalori Lebih Cepat

BKM/CHAIRIL SENAM ZUMBA-Para peserta yang meramaikan senam zumba di Anjungan Pantai Losari, Minggu (16/10). Senam ini kian digemari masyarakat Makassar.

BERBAGAI jenis olahraga berkembang pesat di Kota Makassar. Salah satunya yang kian digemari adalah zumba. Seperti apa?

Laporan: Arif Alqadry

HARUS diakui, dalam beberapa kurun waktu terakhir zumba telah mendapat tempat khusus di kalangan masyarakat Makassar. Tidak hanya di sanggar-sanggar ataupun tempat fitnes alias gym, tapi juga dalam beberapa kegiatan massal.
Diantaranya jalan santai, funbike dan lainnya selalu diawali senam bersama yang salah satunya diisi zumba. Tidak jalan santai namanya, kalau tidak diawali zumba.
Selain itu, beberapa instansi juga secara rutin tiap pekan menggelar zumba di instansi mereka. Pesertanya ramai, tidak hanya perempuan, tapi juga laki-laki. Tidak hanya orang tua, tapi juga anak-anak dan remaja. Semua ikut zumba. Menggerakkan badan dengan kegembiraan.
Seperti yang terlihat di Anjungan Pantai Losari, Minggu (16/10) pagi. Ratusan orang memeriahkan kegiatan senam zumba yang merupakan rangkaian memeriahkan even Keuangan Syariah Fair Makassar 2016 yang digelar Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Regional 6 Sulawesi, Maluku, dan Papua (Sulmapa) bekerjasama Fajar Keker Eksebisi Indonesia (Keren).
Ya, zumba sudah sangat populer. Kini dan entah sampai kapan. Tidak hanya soal kebugaran dan kesehatan, tapi juga sudah menjadi gaya hidup. Gaya hidup yang sehat tentunya.
Putri, seorang peserta senam zumba di Anjungan Pantai Losari, mengaku tertarik ambil bagian karena memang selama ini ia rutin melakukannya. ”Setiap akhir pekan biasa senam zumba di gym. Ada banyak manfaat yang bisa didapat. Salah satunya tentu untuk menjaga tubuh agar tetap fit dan bugar,” tuturnya.
Salah satu tempat gym di Kota Makassar yang menawarkan senam zumba yakni Mars Gym yang berlokasi di lantai dasar Gedung Graha Pena.
Setiap Rabu dan Kamis mulai pukul 18.00 Wita, komunitas zumba dance yang dipimpin oleh Rossy sebagai zumba instruktur (Zin), berkumpul untuk melakukan senam. Hal tersebut sudah rutin dilakukan, baik bersama komunitas maupun pengunjung gym.
Zumba merupakan kegiatan olahraga yang dilakukan secara berkelompok dengan menari-nari riang. Dikatakan sebagai tarian riang karena gerakannya yang menyenangkan merupakan penggabungan antara musik dan tarian latin dengan step aerobic. Zumba diciptakan oleh instruktur aerobik dari Kolombia, Alberto ”Berto” Perez pada 1990. Awalnya Berto lupa membawa kaset saat hendak mengajar senam. Lalu, dia mengakalinya dengan menggunakan musik upbeat yang disimpan dalam mobil. Tarian fitness tersebut akhirnya dikenal dengan nama zumba.
Zumba populer pada 2003 di Amerika dan dibawa ke Indonesia pada 2009, namun mulai diminati oleh masyarakat Indonesia awal 2012.
Nama Zumba diambil dari kata ”zum-zum“ yang dalam bahasa Kolombia berarti gerakan cepat. Karena merupakan gabungan musik dan tarian latin dengan step aerobik, maka gerakan-gerakan yang dilakukan merupakan gabungan gaya dari tarian Samba, Cumbia, Merengue, Salsa, Reggae, Hip-hop, Mambo, Rumba, Flamenco, dan Calypso. Oleh karenanya gerakan yang tercipta terasa lebih fun.
Meski terkesan menyenangkan, tarian zumba memberikan kemampuan membakar kalori jauh lebih banyak secara cepat, sekaligus membentuk otot tubuh. Gerakan-gerakan tersebut selain membakar kalori juga menguatkan kerja jantung.
Gerakan paling banyak dalam zumba adalah kardio. Seperti meloncat, berputar, bergerak cepat dan lain sebagainya. Selain kardio, Zumba juga dikombinasikan dengan gerakan pengencangan otot-otot tubuh, seperti otot perut, punggung, paha, betis, dan pectoralis.
Manfaat melakukan zumba secara rutin diantaranya, mengencangkan tubuh, membuat lebih rajin senam, mengurangi berat badan, mengatasi stres, dan memperbesar interaksi sosial. (*/rus)

Comments

Copyright © 2017 Berita Kota Makassar.

To Top