ASN Harus Pahami Aturan – Berita Kota Makassar
Sulselbar

ASN Harus Pahami Aturan

BKM/ALALUDDIN SOSIALISASI ATURAN -- Bupati Mamuju, Habsih Wahid bersama Ketua Ombusman Perwakilan Sulbar, Lukmar Umar saat memberikan sosialisasi aturan ASN.

MAMUJU, BKM — Bupati Mamuju, Drs H Habsih Wahid menjadi narasumber sosialisasi peraturan perundang–undangan dengan materi disiplin Pegawai Negeri Sipil (PNS) sesuai Peraturan Pemerintah RI No 53 tahun 2010 tentang disiplin PNS. Turut hadir Lukman Umar, SPd MSi, Kepala Ombudsman Perwakilan Sulbar yang juga menjadi narasumber dengan materi seputar Undang–undang No 37 tahun 2018 tentang Ombudsman dan Undang–undang No 25 tahun 2009 tentang pelayanan publik.
Acara tersebut dilaksanakan Bagian Hukum Sekretariat Daerah Kabupaten Mamuju di aula Wisma Malaqbi, Senin (17/10). Tujuan kegiatan tersebut untuk meningkatkan pemahaman dan pengetahuan seluruh peraturan Aparatur Sipil Negara (ASN) dalam melaksanakan tugas pada fungsinya. Bupati mengatakan, semua pernah mendengar tentang undang–undang ini, tetapi belum memahami sejauh mana mengaplikasikan undang–undang itu sendiri.
”Jika tidak memahami peraturan maka itu akan dengan sendirinya mengantar kita ke hukum. Kita tidak bisa menyangkal bahwa banyak pegawai negeri, kepala desa, camat bahkan bupati pun masuk di dalam suatu proses hukum karena tidak memahami peraturan perundang-undangan. Olehnya itu, saya mengapresiasi kegiatan ini. Meski hanya sekali dilaksanakan dalam setahun, setidaknya bisa diadakan dua kali setahun kita lakukan dengan berbagi produk hukum peraturan daerah baik yang dikeluarkan Pemprov terlebih lagi yang di keluarkan Pemkab. Harapan saya kepada peserta, dengan sosialisasi ini dapat dijadikan suatu media pembelajaran kemudian dapat diimplementasikan di tempat tugas kita,” katanya.
Para peserta yang hadir terdiri dari jajaran perwakilan SKPD, para kepala bagian, camat, kepala desa/lurah se Kabupaten Mamuju. Pemateri lainnya Wakil Bupati Mamuju, H Irwan SP Pababari, SH MTP tentang hukum acara MP-TGR Pemerintah Kabupaten Mamuju pada peraturan Bupati No 16 tahun 2015 serta Kepala Bagian Hukum Setkab Mamuju, Muhammad Yani, SH MSi dengan materi penyusunan rancangan peraturan perundang–undangan. (ala/mir/c)

Comments

Social Media

Dalam melaksanakan tugas jurnalistik, wartawan Berita Kota dibekali tanda pengenal. Tidak diperkenankan menerima, apalagi meminta, imbalan dari siapapun, dalam bentuk apapun, serta dengan alasan apapun.

Copyright © 2017 Berita Kota Makassar.

To Top