Penahanan Tersangka Koperasi Diperpanjang 30 Hari – Berita Kota Makassar
Kriminal

Penahanan Tersangka Koperasi Diperpanjang 30 Hari

MAKASSAR, BKM — Kejaksaan Tinggi Sulsel mengajukan permohonan penambahan penahanan terhadap dua tersangka kasus dugaan korupsi dana bergulir Koperasi Usaha Kecil dan Menengah (UMKM) tahun anggaran 2014 ke pihak Pengadilan Tipikor Makassar.
Kedua tersangka tersebut yaitu, Ketua Koperasi Simpan Pinjam (KSP) Duta Mandiri, Andi Marwan dan Bendahara Koperasi Simpan Pinjam Multi Guna, Aswin Akib.
Masa penahanan keduanya diperpanjang hingga 30 hari kedepan.
Penambahan masa penahanan kedua tersangka sudah hampir habis selama 20 hari dalam tahap penyidikan.
Kejaksaan mengajukan permohonan ke Pengadilan Tindak Pidana Korupsi Makassar dan telah diterima Panitera Pengadilan.
“Kami sudah terima permohonan penangguhan penahanan kedua tersangka,”kata Humas Pengadilan Negeri Makassar, Ibrahim Palino.
Penyidik Kejaksaan dalam kasus menyeret setidaknya belasan tersangka. Mereka saat ini mendekam di Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas 1 Makassar.
Kasus korupsi UMKM ini diketahui penyidik menemukan adanya indikasi unsur perbuatan melawan hukum dalam pemberian dan pengelolaan dana bantuan koperasi.
Awalnya kasus ini bergulir ketika Kementerian Koperasi pada 2014 mengucurkan dana bantuan sejumlah koperasi di Makassar.
Namun pencairan dana tersebut, tidak digunakan sesuai peruntukannya dan dianggap menyalahi prosedur.
Koperasi yang menerima diketahui tidak aktif , namun tetap diberikan bantuan. Kuat dugaan terjadi pemalsuan tandatangan. (mat-drw)

Comments

Social Media

Dalam melaksanakan tugas jurnalistik, wartawan Berita Kota dibekali tanda pengenal. Tidak diperkenankan menerima, apalagi meminta, imbalan dari siapapun, dalam bentuk apapun, serta dengan alasan apapun.

Copyright © 2017 Berita Kota Makassar.

To Top