Gojentakmapan

Kemenag-BPN Gratiskan Sertifikat Tanah Wakaf

MAROS, BKM — Kementerian Agama (Kemenag) kabupaten Maros, Pemkab Maros bersama Badan Pertanahan Nasional (BPN) menggratiskan pengurusan tanah wakaf. Hal tersebut tertuang dalam penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) antara Kementerian Agama dan Badan Pertanahan Nasional (BPN) untuk penandatanganan tanah wakaf.
Pemkab Maros, Kemenag dan BPN akan menggratiskan pengurusan sertifikat tanah wakaf di BPN. Menurut Bupati Maros, HM Hatta Rahman, berdasarkan data yang ada di BPN, sedikitnya sudah ada 35 sertifikat tanah wakaf yang telah digratiskan BPN Maros.
”Tanah wakaf balasannya di akhirat. Kita berharap dengan program sertifikat tanah wakaf gratis ini memudahkan masyarakat ataupun lembaga keagamaan dalam mengurus tanah wakaf,” ujar Hatta saat melakukan penyambutan jamaah haji asal Maros, Sabtu (15/10).
Kemenag Maros, Syamsuddin, menuturkan, pihaknya telah melakukan MoU sejak tahun 2015 lalu. Namun MoU itu berlaku satu tahun. Tahun ini MoU itu kembali diperpanjang. ”Tahun lalu kita berhasil mencapai sekitar 25 serifikat. Makanya, kami tetap melanjutkan MoU itu,” jelasnya.
Ia melanjutkan, untuk tahun depan, dirinya memprogramkan 500 sertifikat tanah waqaf yang terdiri dari tanah waqaf untuk masjid, pesantren, dan pemakaman. Hal itu seiring dengan keinginan Pemerintah Kabupaten Maros.
”Insya Allah tahun 2017, bupati akan memprogramkan 500 sertifikat yang diperuntukkan pembangunan masjid, lokasi pemakaman dan pesantren. Tapi berdasarkan pengalaman kami, rata-rata yang mengurus waqaf sertifikat adalah bangunan masjid,” pungkasnya. (ari/mir)

Comments

Copyright © 2017 Berita Kota Makassar.

To Top