Kejaksaan Didesak Usut Pengadaan Mobil Damkar Makassar – Berita Kota Makassar
Kriminal

Kejaksaan Didesak Usut Pengadaan Mobil Damkar Makassar

MAKASSAR, BKM — Lembaga Konsultasi Bantuan Hukum Mahasiswa Indonesia (LBHMI) mendesak pihak Kejaksaan agar segera mengusut proyek pengadaan kendaraan pemadam kebakaran (Damkar) Kota Makassar tahun 2015.
Pasalnya pengadaan 28 unit mobil pemadam kebakaran (Damkar) itu mengalami kerusakan. Bahkan ada juga yang sudah rusak parah dan tidak bisa lagi beroperasikan.
Padahal kendaraan tersebut diketahui baru setahun lalu diadakan oleh Pemerintah Kota (Pemkot) Makassar.
“Kita meminta agar pihak Kejaksaan segera mengusut proyek pengadaan mobil Damkar. Sebab bisa saja proyek ini ada indikasi korupsinya,” tegas ketua LKBHMI Makassar, Habibi Masdin, Senin (17/10).
Menurutnya, sangatlah tidak masuk akal bila kendaran yang baru setahun diadakan, sudah mengalami kerusakan. Apalagi kata Habibi kerusakannya sampai 28 unit, sehingga patut diduga bila proyek tersebut diduga ada penyimpangan.
Penyimpangannya menurut Habibi, bisa saja diduga mobil Damkar tersebut adalah mobil bekas, yang dimodifikasi menjadi baru. Lalu kemudian di masukkan dalam anggaran proyek pengadaan kendaraan oprasional Damkar.
“Bisa saja ada rekayasa dalam proyek ini, demi mendapatkan keuntungan yang lebih besar,” tandasnya.
Habibi menuturkan seharusnya Kejaksaan tidak menutup mata dalam melihat kasus ini, apalagi ini menyangkut pengelolaan dan penggunaan uang negara. Sehingga sangatlah wajar bagi aparat penegak hukum untuk mengusut kasus ini. “Kejaksaan jangan menunggu laporan baru mau mengusut, harusnya kalau ada informasi seperti ini, Kejaksaan harus segera bertindak,” pungkasnya.
Sejatinya Kejaksaan harus bisa lebih mengedepankan profesionalitasnya dalam penegakan hukum. Dalam hal pencegahan dan pemberantasan tindak pidana korupsi. (mat-drw)

Comments

Social Media

Dalam melaksanakan tugas jurnalistik, wartawan Berita Kota dibekali tanda pengenal. Tidak diperkenankan menerima, apalagi meminta, imbalan dari siapapun, dalam bentuk apapun, serta dengan alasan apapun.

Copyright © 2017 Berita Kota Makassar.

To Top