Kasus PNPM Dua Pitue Bakal Seret Tersangka Baru – Berita Kota Makassar
Sulselbar

Kasus PNPM Dua Pitue Bakal Seret Tersangka Baru

SIDRAP, BKM — Penyidik Kejaksaan Negeri Sidrap terus mengintensifkan penyidikan kasus PNPM Mandiri Kecamatan Dua Pitue Kabupaten Sidrap.

Pasca statusnya ditingkatkan ke penyidikan pidana khusus, tim penyidik mulai membidik tersangka baru dalam kasus bantuan dana bergulir melalui kelompok masyarakat yang tersebar empat desa dan kelurahan.
Sejauh ini, sudah ada satu nama calon tersangka telah dikantongi penyidik. Hal itu dipastikan setelah perkembangan hasil pemeriksaan 10 orang saksi terkait dan data hasil perhitungan kerugian yelah diperoleh terjadi indikator kuat ada penyalagunaan anggaran bantuan sosial.
Kasus PNPM Mandiri Dua Pitue ini, terjadi penyimpangan dana Simpan Pinjam Perempuan (SPP) tahun anggaran 2010-2013. Indikasinya, penyidik menemukan ada kerugian estimasi diatas Rp100 juta lebih.
Kepala Kejari Sidrap Jasmin Simanullang melalui Kepala Seksi Intelijen, Andi Irfan, Minggu (16/10) menegaskan pihaknya sudah mengantongi sejumlah nama berpotensi kuat jadi tersangka.
“Hasil pemeriksaan saksi dari 10 orang yang sudah diperiksa, itu menyebut beberapa nama ikut menikmati aliran dana bergulir PNPM Dua Pitue. Yang jelas ada satu orang sudah pasti ditingkatkan status dari saksi menhadi tersangka. Hasil perhitungan audit sementara sudah ada kami dapat dari saksi ahli, estimasi kerugian diatas Rp100 lebih,”ungkap A.Irfan kepada BKM, kemarin.
Irfan membeberkan, mereka yang diperiksa sebagai saksi yakni sejumlah pengurus PNPM Mandiri Kecamatan Dua Pitue diantaranya Ketua Unit Pelaksana Kegiatan (UPK), Penanggung jawab Operasional Kegiatan (PJOK) Kecamatan, PJOK Kabupaten serta Bendahara UPK. Termasuk beberapa kelompok masyarakat selaku penerima bantuan SPP telah diperiksa selaku saksi tambahan.
Dalam agenda pemeriksaan kata Irfan, para saksi diajukan pertanyaan soal tiga item indikasi pelaksanaan bantuan PNPM yang merugikan negara.
Untuk penetapan tersangka, akan diumumkan setelah ekpspose dilakukan, paling lambat pekan ini ditetapkan tersangka.
“Masih ada saksi ahli tambahan akan kita periksa lagi. Insya allah ekspos kasus pekan ini kita gelar, tinggal menunggu petunjuknya Kajari,”ungkapnya.
Ditambahkannya, dalam kasus ini, pengurus PNPM Mandiri Kecamatan Dua Pitue laporannya di fiktifkan penyalurannya. Begitu juga, hasil penagihan dana yang digulirkan itu tidak disetor ke kas negara, melainkan digunakan untuk kepentingan pribadi. (ady/C)

Comments

Social Media

Dalam melaksanakan tugas jurnalistik, wartawan Berita Kota dibekali tanda pengenal. Tidak diperkenankan menerima, apalagi meminta, imbalan dari siapapun, dalam bentuk apapun, serta dengan alasan apapun.

Copyright © 2017 Berita Kota Makassar.

To Top