Sulselbar

Anggaran Dewan Pendidikan Diduga Disunat

PARERAE,BKM — Anggaran dana operasional Dewan Pendidikan Kota Parepare yang dialokasikan lewat APBD Pemkot Parepare tahun anggaran 2015 lalu senilai Rp 50 juta diduga disunat.
Bendahara Dinas Pendidikan Kota Parepare Hj Kursiah saat ditemui BKM di ruang kerjanya mengaku anggaran untuk dewan pendidikan pada tahun 2015 itu sebesar Rp 50 juta.
”Dana itu telah dicairkan ke pengurus Dewan Pendidikan sesuai kegiatan dan untuk tahun 2016 dialokasikan lagi sebesar Rp 100 juta,” ujarnya. Sementara Kepala Dinas Pendidikan Kota Parepare H Anwar Saad, SH MH ditemui terpisah mengatakan pihaknya tidak mencampuri anggaran Dewan Pendidikan.
“Pada dia jitu baku atur, kalau masalah itu saya tidak tau dan tidak mencampuri. Demi Allah kalau uang begitu,” tegas Anwar.
Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) Dinas Pendidikan Muh Arif, S.Sos kepada BKM di ruang kerjanya mengaku sejak awal Maret 2016 lalu bertugas dirinya tak tahu menahu soal anggaran Dewan Pendidikan
“Sebenarnya kerjaan dewan pendidikan ini masih tugas Pak Awal. Kenapa saya dilimpahkan dan pertanggung jawaban dewan tahun 2016 juga tidak jelas,” kelit Arif.
Sementara PPK tahun 2015 Awal yang kini telah pindah tugas ke protokoler sebagai staf Humas Pemkot Parepare menolak bertanggung jawab terkait dana tersebut. Menurutnya untuk tahun 2015 anggaran yang diperuntukan ke Dewan Pendidikan Kota Parepare sebesar Rp 50 juta dan yang dicairkan hanya Rp 40 juta untuk anggaran kegiatan Dewan Pendidikan.
“Bukan saya PPK waktu itu tapi Imran Rosadi. Saya cuma bantu waktu diproses hukum hingga vonis, setelah saya tangani dan melihat pengurus Dewan Pendidikan kacau maka tidak kucampuri lagi mereka dan itu hanya dana parkir,” tegas Awal dibalik telepon.
Sementara itu Ketua Dewan Pendidikan Kota Parepare D Nashir T dia menduga anggaran tersebut terlewatkan saat pergantian pengurus dari pengurus lama ke pengurus baru. Pengurus baru sendiri dilantik pada bulan JUli 2015. “Saya belum tahu dana kegiatan yang Rp 40 juta, itu nanti dicek dulu mungkin terlewati karena kami dilantik pada bulan Juli 2015 dan bukan kami yang terima ada di Dinas Pendidikan,” tandas Nashir.
Informasi yang berhasil dihimpun BKM dari internal pengurus menyebutkan anggaran Dewan Pendidikan Kota Parepare tahun 2015 senilai p 50 juta tapi yang dikelola Dewan Pendidikan hanya Rp 40 juta.
”Dana Rp 40 juta itu dikelola sesuai kegiatan di Dewan Pendidikan seperti sosialisasi pada komite sekolah dan peninjauan PSB. (mup/C)

loading...
Comments

Copyright © 2017 Berita Kota Makassar.

To Top