MA Tipikor Vonis Eks Kepala SKK Parepare 7 Tahun Penjara – Berita Kota Makassar
Kriminal

MA Tipikor Vonis Eks Kepala SKK Parepare 7 Tahun Penjara

MAKASSAR, BKM — Hakim Mahkamah Agung (MA) Tipikor RI menolak permohonan kasasi mantan Kepala Sentra Kredit Kecil (SKK) Bank Negara Indonesia (BNI) Cabang Parepare, Syahminal Yonnidarma. Atas vonis Hakim Pengadilan Tinggi (PT) Tipikor Sulselbar selama 7 tahun penjara.
MA Tipikor kuatkan putusan hakim pengadilan tinggi Tipikor Sulselbar, terdakwa dinyatakan terbukti bersalah secara sah dan meyakinkan telah melakukan tidak pidana korupsi secara bersama-sama.
Selain menguatkan hakim MA juga membebankan terdakwa Syahminal Yonnidarma, membayar denda sebesar Rp500 juta dan uang pengganti kerugian negara sebesar Rp50 juta.
Bila terdakwa tidak membayar uang pengganti, paling lambat 1 bulan, sesudah putusan pengadilan yang telah berkekuatan hukum tetap. Maka harta benda terdakwa disita sebagai pengganti kerugian negara.
Bila harta benda tidak mencukupi untuk membayar uang pengganti tersebut, maka terdakwa wajib mengganti dengan pidana 1 tahun penjara.
“Kita telah menerima petikan putusan dari MA yang menyatakan, menolak permohonan Kasasi terdakwa,” ujar juru bicara Pengadilan Tipikor Makssar, Ibrahim Palino, Minggu (16/10).
Dia mengatakan vonis hakim MA yang dijatuhkan, adalah menolak kasasi dan menguatkan putusan Hakim PT. Hanya saja yang bersangkutan dibebankan untuk membayar denda sebesar Rp500 juta dan uang pengganti kerugian negara sebesar Rp50 juta.
Bila yang bersangkutan tidak bisa membayar dan mengembalikan kerugian negara, maka akan diganti dengan hukuman 1 tahun penjara.
“Kita tinggal tunggu berkas putusan kasasinya saja dari Mahkamah Agung,” tandasnya.
Terdakwa terbukti secara sah dan meyakinkan melakukan tindak pidana korupsi secara bersama-sama. Syahminal terbukti melanggar pasal 3 undang-undang Tipikor, dalam kasus dugaan korupsi kredit fiktif di BNI Cabang Parepare.
Syahminal dinilai telah menyalahgunakan wewenangnya, selaku pimpinan karena mencairkan dana kredit tanpa prosedur yang sah.
(mat-drw)

Comments

Copyright © 2017 Berita Kota Makassar.

To Top