Penyidik Telusuri Dalang Pembakar DPRD Gowa – Berita Kota Makassar
Headline

Penyidik Telusuri Dalang Pembakar DPRD Gowa

MAKASSAR, BKM — Penyidik pada Direktorat Reserse Kriminal Umum (Ditreskrimum) Polda Sulsel saat ini tengah fokus untuk menelusuri siapa yang menjadi dalang pembakaran gedung DPRD Gowa. Dua tersangka utama yang telah dibekuk, Ikhsan dan Riwan terus menjalani pemeriksaan intensif di mapolda.
Direktur Ditreskrimum Polda Sulsel, Kombes Pol Erwin Zadma, kemarin menjelaskan, dari pemeriksaan sementara terhadap keduanya, mereka mengakui keterlibatannya. Hingga kemarin sore, pemeriksaan terhadap keduanya masih berlangsung.
Menurut Erwin Zadma, Iksan bersama tersangka lainnya yang telah lebih dulu diamankan, memang merencanakan aksi pembakaran dan pengrusakan kantor DPRD Gowa.
”Sebelum melakukan aksinya, para tersangka lebih dulu menggelar rapat tertutup pada malam hari pukul 22.00 Wita, Minggu (25/9). Dalam pertemuan itu sebenarnya ada dua rencana sasaran pembakaran dan pengrusakan, yaitu gedung DPRD dan kantor Bupati Gowa,” terang Erwin lagi.
Lebih jauh dijelaskan Erwin, seorang tersangka berinisial IK bertugas membagi-bagi uang. ”Jadi IK ini yang memberikan uang kepada tersangka RA sebesar Rp50 ribu. Uang itu untuk dipakai membeli bensin serta korek api, yang akan digunakan membakar gedung DPRD Gowa,” bebernya.
Setelah RA membeli bensin, ia kemudian menyuruh AL untuk membakar gedung DPRD Gowa. Sementara IK juga melakukan pembakaran di bagian lain gedung dewan. Selain membakar, IK juga ikut melakukan pengrusakan dengan memecahkan dinding kaca samping ruangan ketua DPRD.
Tentang pengakuan siapa yang menyuruh mereka dan apa motifnya, masih terus dikejar oleh penyidik. Kedua tersangka belum menyebutkannya secara spesifik.
Dari penjelasan Erwin, terungkap jika tersangka Iksan dan Ridwan ditangkap Tim Khusus Polda Sulsel saat mereka sedang berteduh dibawah pohon dalam kondisi basah kuyup. Ketika itu hujan tengah mengguyur wilayah Desa Kalo, Kecamatan Pakkue, Kabupaten Kolaka Utara, Sulawesi Tenggara, Rabu (12/10).
Atas perbuatannya, kedua tersangka utama dijerat Pasal 187 KUHP junto Pasal 55 KUHP, junto Pasal 56 KUHP.
Dengan penangkapan dua tersangka ini, berarti polisi sudah menangkap seluruh tersangka pembakaran gedung DPRD Gowa yang berjumlah 12 orang. Lima orang diantaranya masih di bawah umur. (ish/rus)

Comments

Copyright © 2017 Berita Kota Makassar.

To Top