Pemkot tak Bisa Pasang Reklame di Jalan Nasional – Berita Kota Makassar
Metro

Pemkot tak Bisa Pasang Reklame di Jalan Nasional

MAKASSAR, BKM– Dinas Pendapatan Daerah(Dispenda) Kota Makassar tidak lagi terlalu berharap pendapatan di sektor pajak reklame.
Bahkan, total target pendapatan reklame pada Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) Pokok sebesar Rp30 miliar, hanya bisa diperoleh sebesar Rp20 miliar pada APBD Perubahan 2016.
Pernyataan tersebut disampaikan Kepala Dinas Pendapatan Daerah (Dispenda) Makassar, Irwan Adnan saat mengikuti rapat Badan Anggaran (Banggar) khusus membahas rencana kerja anggaran (RKA) SKPD, Senin (10/10).
Ia juga menyebutkan bahkan hingga Oktober tahun ini realisasi pajak reklame baru sekitar Rp9 miliar.
“Sebenarnya kita tidak lagi berharap terlalu banyak pendapatan di sektor pajak reklame dalam meningkatkan PAD. Hal ini diakibatkan oleh keluarnya Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 34 tahun 2006 terkait pemasangan reklame yang tidak lagi boleh dilakukan di jalan-jalan nasional,” ungkapnya.
Sehingga menurut mantan Kepala Dinas Tata Ruang dan Bangunan (DTRB), banyak reklame yang sudah habis jangka waktunya, tidak lagi diperpanjang oleh Dispenda.
“Inilah yang memengaruhi penurunan target pendapatan di sektor pajak reklame. Selain itu, reklame sudah terlalu banyak dikeluhkan masyarakat, karena kota tidak tertata dengan baik dan semakin semrawutnya,” tambahnya.
Menyikapi hal itu, Koordinator Banggar, Adi Rasyid Ali (ARA) mengungkapkan, dirinya sepakat atas rencana Dispenda untuk menata kembali reklame yang menjamur di sudut-sudut kota. “Kita dukung rencana tersebut. Saya juga sudah sampaikan ke pak Wali agar menata penempatan reklame di Makassar,” terangnya.
Fraksi Demokrat ini juga mengaku, banyak pihak yang telah memanfaatkan papan reklame untuk kepentingan pribadi namun tidak membayar pajaknya, termasuk Partai-partai. “Ini harus diantisipasi secepat mungkin, sebelum masuk pemilihan legislatif. Sebab di kondisi itu banyak papan reklame yang dimanfaatkan tanpa bayar pajak,” tuturnya. (ita)

Comments

Copyright © 2017 Berita Kota Makassar.

To Top