Headline

Dinsos Canangkan Gerakan Sulsel Tersenyum

MAKASSAR, BKM — Dua dinas di lingkup Pemprov Sulsel turut berkontribusi dalam menyemarakkan Hari Jadi Sulsel, yakni Dinas Sosial dan Dinas Perkebunan.
Lingkup Dinas Sosial, dicanangkan Gerakan Sulsel Tersenyum di 1.000 titik secara serentak, hari ini, Jumat (14/10). Adapun program yang dimaksud, diantaranya pemberdayaan fakir miskin melalui Bantuan Kelompok Usaha Bersama (KUBE) dan penyaluran dana bantuan Program Keluarga Harapan (PKH).
Kepala Dinas Sosial Sulsel, Andi Ilham Gazaling mengatakan, pemberdayaan fakir miskin melalui bantuan KUBE merupakan program yang diarahkan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat miskin melalui kelompok usaha ekonomi produktif. Sehingga, tercipta kemandirian dan ketahanan sosial masyarakat dalam pencegahan masalah kemiskinan.
“Adapun cakupan penerima bantuan, enam kabupaten/kota, 16 kecamatan, 48 desa/kelurahan, 140 KK atau 140 KUBE dengan jumlah bantuan Rp 2,8 miliar,” jelas Andi Ilham Gazaling di ruang kerjanya, Kamis (13/10).
Sedangkan untuk penyaluran dana bantuan PKH, lanjutnya, adalah pemberian bantuan tunai bersyarat kepada Keluarga Miskin (KM). Hal itu sebagai upaya peningkatan kualitas sumber daya manusia.
“Dalam jangka pendek, program ini bertujuan mengurangi keluarga miskin, sedangkan dalam jangka panjang dapat memutuskan mata rantai kemiskinan antar generasi, sehingga generasi berikutnya dapat keluar dari kondisi kemiskinan,” terangnya.
Adapun cakupan penerima bantuan PKH, 24 kabupaten/kota, 301 kecamatan, 2.739 desa/kelurahan, dan 100.644 KK penerima bantuan. Jumlah bantuan yang diserahkan mencapai Rp 42.900.966.250.
Sementara di lingkup Dinas Perkebunan, dicanangkan penanaman komoditi perkebunan di 1.000 titik yang tersebar di 1.000 desa/kelurahan di 24 kabupaten/kota. Acara dipusatkan di UPTD Dinas Perkebunan, di Jalan Perintis Kemerdekaan Makassar, Kamis (13/10).
Kepala Dinas Perkebunan Sulsel, Achmar Manring mengatakan, penanaman dilakukan di satu titik, satu desa dan kelurahan. Misalnya di Makassar, ada 11 kelurahan, 33 pohon.
“Dalam rangka menyambut HUT Sulsel ke 347, kami melaksanakan gerakan tanam serentak komoditi perkebunan,” kata Achmar Manring.
Ia menyatakan, telah dilakukan pencacatan dan registrasi jumlah tanaman yang akan ditanam, sampai nomor urut 1.078. Adapun komoditi yang ditanam, antara lain pala, cengkeh, kelapa, dan kelapa sawit.
“Dalam kesempatan ini juga dilaporkan, kami di Dinas Perkebunan mendapatkan penghargaan Pengelola Data Statistik Perkebunan Terbaik se-Indonesia,” ujarnya.
Sementara, Gubernur Sulsel, Syahrul Yasin Limpo dalam sambutannya menyampaikan, penanaman serentak komoditi perkebunan di 1.000 titik merupakan bagian dari program Gerakan 1.000 Kebaikan dalam rangka HUT Sulsel. Jika semua pihak mengambil bagian untuk mempersembahkan 1.000 kebaikan, maka hasilnya akan sangat luar biasa untuk masyarakat. (rhm/rus)


Comments

Copyright © 2017 Berita Kota Makassar.

To Top