Berita Kota Makassar | Dewan Tolak Proyek Terminal Malengkeri
Metro

Dewan Tolak Proyek Terminal Malengkeri

MAKASSAR, BKM– Rencana Perusahaan Daerah (PD) Terminal Regional Daya untuk membangun Terminal Malengkeri berlantai dua akhirnya ditolak oleh anggota Badan Anggaran Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Makassar.
“kami meminta anggaran pembangunan Terminal Malengkeri jangan dulu dianggarkan tahun ini. PD Terminal harus menyiapkan dulu semua perencanaan awal sebelum ada anggaran yang dikeluarkan pemerintah,” ujar anggota Badan Anggaran, Susuman Halim, Kamis (13/10).
Sugali sapaan akrabnya menambahkan, banggar memang ragu-ragu pembangunan ini akan lancar. Perencanaanya saja tidak ada, lalu coba diusulkan anggaran, apalagi sisa waktu yang mepet tahun ini.
Salah satu yang perlu dipertanyakan, sebut Sugali, perencanaan anggaran pembuatan gambar atau denah bangunan yang hanya memakan biaya Rp5 juta, sementara sesuai dengan aturan, anggaran untuk pembuatan gambar (denah) bagunan 6 persen dari anggaran pembangunan atau kurang lebih Rp700 juta.
Lanjut Sugali, Terminal Malengkeri tidak perlu dibangun dua lantai sebab hanya perlu pembenahan, seperti penimbunan agar tidak terjadi genangan, ruang tunggu hanya perlu ditata.
“Bagaimana tidak padat di dalam terminal, sebab pedagang kaki lima (PK5) banyak menempati ruang tunggu, seperti menyimpan kulkas dan jualannya. ” Kita minta coba itu ditata,” pungkasnya.
Sementara itu, Direktur Utama PD Terminal, Hakim Syahrani dalam pemaparannya dihadapan anggota Banggar saat rapat APBD-P 2016 mengatakan, anggaran yang akan disiapkan untuk pembangunan terminal sebesar Rp13 miliar. Selain untuk membenahi lahan parkir juga beberapa kios yang akan dirombak.
“Kami mau tambah ketinggian 50 cm agar tidak sering banjir dan mentambal jalanan disana. Termasuk merombakbeberapa bangunan fisik lainnya,” ungkapnya.
Menurut dia, pembenahan terminal ini sudah urgen. Kondisi terminal, kata dia selain kumuh juga tergenang air hingga 40 cm di saat musim hujan. situasi seperti itu membuat para sopir dan penumpang urung masuk dalam terminal sehingga terminal bayangan muncul.
“Pembangunan ini agar pendapatan asli daerah meningkat. Selain itu, agar layanan ke masyarakat semakin baik,” ujarnya. (ita)

Comments

Copyright © 2017 Berita Kota Makassar.

To Top