Metro

2017, Tribun Barat Stadion Barombong Mulai Dikerjakan

MAKASSAR, BKM — Hingga saat ini, pembangunan Stadion Barombong masih jalan di tempat. Tahun 2016 ini, stadion yang diharapkan menjadi salah satu kebanggaan masyarakat Sulsel itu nyaris tidak dapat sentuhan pembangunan karena terkendala andalan.
Rencananya, Pemprov Sulsel kembali akan melanjutkan proyek pembangunan Stadion Barombong pada 2017 mendatang. Anggarannya diusulkan Rp200 miliar.
Menurut Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Sulsel, Muhlis, anggaran yang diusulkan itu terbagi atas Rp150 miliar APBD pokok 2017 dan Rp49 miliar lainnya dari APBN 2017 mendatang.
Muhlis mengatakan, sejauh ini, pihaknya telah mengantarkan proposal ke Kementerian Pemuda dan Olahraga untuk melanjutkan pembangunan Tribun Selatan Stadion bertaraf internasional ini.
Progres pembangunan Stadion Barombong saat ini, lanjutnya,
tribun timur sudah selesai fisiknya.
“Saat ini lagi dibangun fisik di bagian tribun utara. Insha Allah APBD Pokok 2017, kami konsentrasi menyelesaikan tribun barat,” kata Muhlis.
Dia melanjutkan, kalau jumlahnya bisa konsisten sesuai hasil akumulasi dari target Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) dan anggaran dari Kemenpora dan APBD itu bisa konsisten sepanjang 2017, maka tahun 2018 Stadion Barombong akan diresmikan.
Muhlis optimis, tahun depan anggaran dari Kemenpora bisa dikucurkan. Apalagi, Menpora Imam Nahrowi menunjukkan respon yang luar biasa untuk perampungan pembangunan fasilitas olahraga yang bertaraf internasional itu.
“Kemarin kita lost anggaran APBN bukan persoalan tidak konsistennya Pak Menteri, tapi karena ada pemotongan anggaran untuk Asean Games. Tetapi sekarang itu kan hampir selesai, dan memang ada sisa anggaran yang mau dipakai untuk pembangunan fisik. Kita berharap mudahan kita bisa gunakan disitu Rp49 milliar,” harapnya.
Gubernur Sulsel Syahrul Yasin Limpo pun antusias mendengar kabar proyek tersebut akan segera rampung. Ia menegaskan bahwa pembangunan Stadion Barombong itu harus bisa segera diselesaikan.
“Saya berharap itu bisa selesai, dan bisa digunakan 2018 nanti. Masa sekian lama kita cuma gunakan Andi Mattalatta terus. Lama kelamaan itu kan sudah tidak representatif lagi,” pungkasnya. (rhm)

Comments

Copyright © 2017 Berita Kota Makassar.

To Top