Kontrak Proyek PPI Wotu Berubah – Berita Kota Makassar
Sulselbar

Kontrak Proyek PPI Wotu Berubah

BERMASALAH -- Proyek Pelabuhan Pendaratan Ikan (PPI) di Desa Bawalipu, Kecamatan Wotu, Kabupaten Luwu Timur, dilakukan Contract Change Order (CCO) karena dinilai bermasalah.

MALILI, BKM — Panitia Pembuat Komitmen (PPK) proyek Pelabuhan Pendaratan Ikan (PPI) di Desa Bawalipu, Kecamatan Wotu, Kabupaten Luwu Timur, Ilaikal Masir saat ini melakukan Contract Change Order (CCO).
Soalnya, ada beberapa item pekerjaan didalam kontrak proyek yang tidak dapat dilaksanakan dengan alasan teknis dan waktu. “Sementara kita hitung. Kalau kontrak awalnya senilai Rp5,7 miliar,” ujar Ilaikal.
Item pekerjaan yang dimaksud seperti mobilisasi dan demobilisasi serta pemancangan yang sebelumnya didalam kontrak diatas air dan saat ini akan diubah di darat.
“Didalam desain sebenarnya lama pekerjaan selama delapan bulan tapi kenyataannya hanya empat bulan. Dengan alasan waktu dan teknis sehingga kita lakukan CCO,” ungkapnya.
Menurutnya, sisa anggaran dari hasil CCO nantinya tak akan dicairkan dan dikembalikan ke negara. “Belum sepenuhnya dicairkan karena pekerjaannya masih berjalan. Kontraktor baru mencairkan uang muka 20 persen dari kontrak,” jelasnya.
Sementara itu, Direktur Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) Komunitas Anti Rasuah Madani, Ibrahim berharap agar hasil evaluasi perhitungan CCO dapat sesuai dengan harga pasar, agar supaya pengembalian sisa anggaran dapat maksimal ke daerah.
“Jangan sampai hasil CCO tersebut terjadi mark up dan itu harus disesuaikan dengan harga pasar,” beber Ibrahim.
Sebelumnya, anggota DPRD Luwu Timur Sukman Sadike didampingi Kepala Dinas (Kadis) Kelautan, Burhan Mude dan Kadis Tata Ruang dan Pemukiman (Tarkim), Zainuddin meninjau proyek ini.
Untuk diketahui, proyek PPI Wotu dikerjakan PT Gunung Raya Bulukumba dengan menggunakan anggaran Dana Alokasi Khusus (DAK) dari pemerintah pusat senilai Rp5,7 miliar. (alp/C)

Comments

Copyright © 2017 Berita Kota Makassar.

To Top