Metro

Camat Fokus Program Singarana Lorongta

MAKASSAR, BKM–Sejumlah camat mulai fokus pada Program Singarana Lorongta, terkait pengadaan lampu di dalam lorong di 14 kecamatan.
Program yang ditangani langsung pihak kecamatan dan berkoordinasi dengan Dinas Pekerjaan Umum (PU) tersebut diharapkan dapat berjalan dengan baik.
Wali Kota Makassar, Moh Ramdhan Pomanto sebelumnya meminta Tim Pengawal dan Pengamanan Pemerintah Daerah dan Pembangunan Daerah (TP4D) memberikan lampu hijau untuk menjalankan program Singarana Lorongta.
Bahkan Danny sapaan akrab wali kota telah melayangkan surat ke TP4D Makassar untuk kontrak menjalankan program Lorong Singarata.
“Menjalankan program harus transparansi. Selama ini masyarakat tidak pernah melihat kontrak yang melibatkan pemerintah kota bersama pihak kedua, maka dari itu kami ingin memulai budaya transparansi, keterbukaan, dan partisipasi publik untuk pengadaan lampu jalan di 14 kecamatan dengan mengacu pada peraturan yang ada,” ujar Danny.
Menurutnya, proses pelaksanaan pengadaan lampu jalan harus berjalan dengan transparan yang dapat dipertanggungjawabkan sesuai Undang-undang yang berlaku. Masyarakat juga diminta untuk mengawal program tersebut.
“Saya meminta masyarakat mengawal kontrak ini. Makanya kita bikin terbuka dan transparan agar semua pihak dapat melihat dan mengawasi,” ucapnya.
Sementara itu, Camat Ujung Pandang, Zulkifly mengatakan, koordinasi yang dilakukan Wali Kota Makassar dengan melibatkan Dinas Pekerjaan Umum (PU) dan seluruh camat untuk mengetahui progres program dan kesiapan masing masing kecamatan.
Kata Zulkifly, program singarana lorongta sepenuhnya belum berjalan. Pasalnya untuk melaksanakan program tersebut harus berhati hati agar tidak menimbulkan masalah.
“Kecamatan juga berkoordinasi dengan Dinas PU. Apalagi pak wali juga tekankan untuk berhati hati dan transparan dalam menjalankan program ini. Kalau ada masalah harus segera melapor. Pak wali juga mau cepat dan harus sesuai mekanisme, makanya disiapka semua adminstrasinya,” tuturnya.
Seperti yang dikatakan, Kecamatan Ujung Pandang memiliki 10 kelurahan. 9 kelurahan berada di daratan Makassar dan 1 kelurahan ada di pulau. Untuk pulau belum dilaksanakan tahun ini karena memerlukan lampu bertenaga surya.
“Untuk titik titik lampu yang akan dipasang kami masih mengkaji dan pasti akan dipasang di lorong lorong. Sekira 23-25 titik lampu yang akan dipasang di kelurahan-kelurahan di Kecamatan Ujung Pandang yang dimana anggarannya kurang dari Rp200 juta per kelurahan,” tutupnya. (arf)

loading...
Comments

Copyright © 2017 Berita Kota Makassar.

To Top