Berita Kota Makassar | Bupati: Mutasi Melalui Lelang Terbuka
Sulselbar

Bupati: Mutasi Melalui Lelang Terbuka

RANTEPAO, BKM — Pasangan Kalatiku Paembonan-Yosia Rinto Kadang telah enam lebih menjabat sebagai Bupati/Wabup Toraja Utara periode 2016-2021. Pasangan ini dilantik Gubernur Sulsel Syahrul Yasin Limpo, Maret 2016 lalu.
Artinya dengan melewati masa enam bulan menjabat maka Bupati Kalatiku telah memenuhi syarat untuk melakukan penyegaran dalam bentuk mutasi di lingkup Pemkab Toraja Utara. Hanya saja Kalatiku tak mau buru-buru melakukan mutasi.
Menurutnya, kalaupun mutasi tetap dilakukan maka harus memperhatikan Undang-Undang Aparatur Sipil Negara (ASN). Modelnya dengan sistem lelang terbuka bagi pejabat yang telah memenuhi syarat.
Selain itu panitia seleksi harus dibentuk lebih awal dan mengumumkan jabatan apa saja yang masuk dalam daftar lelang beserta syarat-syarat yang harus dipenuhi para peserta lelang.
”Bagi pejabat pratama yang mendaftar akan menjalani tes atau uji kompetensi di Badan Diklat Provinsi Sulsel. Apalagi antara BKD Provinsi Sulsel dan Pemkab Toraja Utara telah menjalin kerjasama atas persetujuan bapak Gubernur,” ujar Kalatiku, Rabu (12/10) di Rantepao.
Dalam mengisi jabatan lowong tetap harus mengedepankan kompetensi dan keahlian. Ini penting agar manajemen di SKPD bisa berjalan secara efektif. Untuk Dinas PU dan Dinas Tata Ruang kualifikasinya orang teknis.
Pasalnya, sambung Kalatiku, sudah tegas aturan strukfur kelembagaan baru pengisian jabatan berdasarkan aturan ASN, selain karena kompetensi pejabat, juga syarat kepangkatan dan prestasi dipertimbangkan.
Apalagi Toraja Utara baru berusia 8 tahun lebih, tata kelola pemerintahan dan proses pembangunan akan berjalan efektif kalau bupati bersama perangkatnya kerja tim dan kolektif.
Toraja Utara masuk daerah pariwisata dan Kawasan Strategi Pariwisata Nasional (KSPN) sehingga pelayanan prima kepada masyarakat harus dikedepankan. (gus/C).

Comments

Copyright © 2017 Berita Kota Makassar.

To Top