Politik

Akademisi Mampu Merespon Kebutuhan Masyarakat

ist Prof Dr Mustari Mustafa

MAKASSAR, BKM–Banyaknya dorongan kepada akademisi untuk maju di Pemilihan bupati atau wlai kota turut mendapatkan perhatian dari Guru Besar Filsafat UIN Alauddin Makassar Prof Dr Mustari Mustafa M Ag.
Menurutnya, banyaknya figur akademisi yang ingin maju di Pilbup atau Pilwali sangat menarik untuk dibahas. Walaupun menurut sebagian besar masyarakat ini masih menjadi sesuatu yang aneh.
Memang, kata Mustari, politik itu adalah bidangnya politisi. “Mereka yang sejak awal dikader dan mengalami proses politik, mulai dari berpartai,” kata Mustari kepada wartawan, baru-baru ini.
Jika saja, menurut Mustari, para pemimpin yang berlatar belakang politisi mampu menunjukkan kinerja dengan baik, membawa kemakmuran di masyarakat, ini bisa menjadi rumusan bahwa kepala daerah memang bidangnya politisi, akademisi tidak perlu terlibat.
Namun, pada kenyataannya kondisi yang terjadi adalah sebaliknya, banyak politisi yang menduduki jabatan kepala daerah tidak memberikan contoh itu.
Karena itu, lanjut mustari, dengan kondisi ini akademisi punya peluang yang terbuka. “Masyarakat membutuhkan alternatif untuk memberikan mereka kemakmuran dan kesejahtraan. Sehingga, akademisi yang masuk ranah politik dianggap paling layak untuk itu,” ungkapnya.
Menurutnya, akademisi menjadi sebuah bobot atau kualitas, baik secara formal sebagai seorang peneliti, atau punya jenjang pendidikan dengan banyak gelar, sehingga masuknya akademisi menjadi hal yang wajar dan normal.
Meskipun demikian, lanjut Mustari, tidak ada jaminan akademisi juga bisa menjawab harapan masyarakat tersebut, namun sudah banyak contoh akademisi sukses menjadi kepala daerah. “Memimpin itukan tidak hanya mengusai teori-teori kekuasaan politik, tapi harus ada kemampuan lain,”jelasnya.
Hal senada disampaikan Ketua Program studi (Prodi) Pendidikan Sosiologi Fakultas Ilmu Sosial (FIS) UNM, Dr Muhammad Syukur MSi.
Syukur menyatakan mendukung jika ada akademisi maju, sebab sudah banyak tokoh pendidikan atau akademisi sukses menjadi kepala daerah. “Jika ada tokoh pendidikan atau akademisi mau maju di Pilkada, baik Pilwalkot maupun pemilihan Gubernur Sulsel, pasti saya dukung,”pungkasnya. (ita/rif)

loading...
Comments

Copyright © 2017 Berita Kota Makassar.

To Top