Metro

Serba Seribu di HUT Sulsel

MAKASSAR, BKM — Dalam rangka memperingati Hari Jadi Sulsel ke-347, berbagai kegiatan digelar Pemerintah Provinsi Sulsel.
Mengusung tema G 1000 G atau Gerakan 1000 kebaikan, Pemprov Sulsel ingin menebar 1000 kebaikan di berbagai sektor. Seluruh Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) berlomba-lomba menggagas program 1000.
Salah satunya seperti yang dilakukan Badan Lingkungan Hidup Daerah (BLHD). Instansi itu menggelar uji emisi gratis di depan Monumen Mandala. Uji itu untuk kendaraan menggunakan bahan bakar bensin maupun solar. Ditargetkan kendaraaan yang ditarget melakukan uji emisi minimal 1000 dan maksimal 2000 unit.
Selain itu, BLHD juga membuat gerakan 1000 berita acara pengawasan lingkungan hidup di Sulsel.
Di lingkup Badan Pemberdayaan Perempuan dan Keluarga Berencana (BPPKP), dikampanyekan Sekolah Bebas Kekerasan Anak di 1000 Titik.
Menurut Sekretaris BPPKP, Suciaty Sapta Margani,
modelnya kampanye serentak melibatkan seluruh Badan Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak di setiap kabupaten kota.
Sementara lingkup Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar), beragam kegiatan akan digelar.
Kepala Bidang Promosi dan Pariwisata , Disbudpar Sulsel Devo Khaddafi menyebutkan, beberapa event yang digelar seperti Makassar Culinary Night 3, Pekan Raya Sulsel, Makassar Tradisional Games Festival, Lomba Foto Pesona Kepulauan Selayar.
Ada juga Fashion Carnaval Sulawesi Selatan 2016, Festival Temmu Tau Pajjenekang, dan Totaja Mountain Bike 2016.
“Pelaksanaan event tersebut dijadwalkan hingga akhir Oktober mendatang,” ungkapnya.
Untuk G 1000 G yang sudah digelar diantaranya Gerakan tanam padi dan hortikultura di 1000 titik yang tersebar di seluruh kabupaten/kota di Sulsel oleh Dinas Pertanian, Tanaman Pangan dan Hortikultura.
Ada juga Gerakan sunat gratis di 1000 titik di seluruh Sulsel oleh Dinas Kesehatan, gerakan pembentukan 1000 Satgas Anti Terorisme oleh Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kebangpol), dan yang rencananya akan digelar hari ini adalah Gerakan 1000 lingkup Dinas Pekerjaan Umum.
Kepala Dinas Tata Ruang dan Pemukiman Sulsel, Andi Bakti Haruni menjelaskan, untuk lingkup Dinas Bina Marga ada program pemeliharaan jalan sepanjang 1000 km, Dinas PSDA mengusung program penanaman bambu di 1000 titik.
Sementara di lingkup Dinas Tata Ruang dan Pemukiman, ada lima program yang dicanangkan. Diantaranya sertifikasi untuk 1000 pekerja bangunann pengadaan sambungan air minum gratis 2×1000, pemberian tempat sampah gratis 10×10.000 kepada 5000 KK penerima manfaat, peningkatan kualitas kawasan pemukiman kumuh untuk 1000 penerima manfaat, dan pengadaan septik komunal untuk 1000 KK penerima manfaat.
Gubernur Sulsel Syahrul Yasin Limpo menjelaskan, gerakan
1.000 kebaikan ini bertujuan untuk menyenangkan hati rakyat.
“Kita lakukan ini dalam rangka Hari Jadi Sulsel. Ada namanya jito senji ini cuma istilah, yakni gerakan seribu perbaikan, seribu good,” ujar Syahrul.
Ia menjelaskan setiap SKPD ini harus bisa mendapatkan 1.000 good darinya. Yang artinya gerakan yang dilakukan dinilai bagus dan harus diteruskan.
“Jadi kalau kita punya SKPD 60, berarti ada 60.000 kebaikan,” jelas Syahrul. (rhm)

loading...
Comments

Copyright © 2017 Berita Kota Makassar.

To Top