Maros Terancam Longsor – Berita Kota Makassar
Gojentakmapan

Maros Terancam Longsor

MAROS, BKM — Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mengingatkan bahaya longsor yang akan mengancam keselamatan warga yang bermukim di ketinggian. Kepala Sub Bidang (Kasubid) Pelayanan dan Jasa Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Wilayah IV Makassar, Sujarwo, mengatakan, dengan intensitas curah hujan yang terjadi selama beberapa pekan terakhir dapat memicu bahaya longsor.
Karenanya, ia meminta warga untuk berhati-hati. Peringatan tersebut bukan hanya untuk wilayah Maros, tetapi untuk beberapa wilayah lainnya, seperti Pangkep, Barru, Parepare, Pinrang, Sidrap, dan Soppeng.
”Sejauh ini memang belum terlalu membahayakan. Namun jika curah hujan terus menerus di sore dan malam hari, maka memang perlu dikuatirkan terjadi longsor,” jelasnya Selasa kemarin (11/10).
Sujarwo mengatakan, saat ini curah hujan masih tergolong sedang. Puncak curah hujan tinggi baru akan terjadi pada awal Nopember. ”Pada bulan ini, wilayah dalam pantauan kami masih terhitung musim pengalihan. Puncak musim penghujan diperkirakan pada akhir Oktober memasuki awal Nopember,” ungkapnya.
Sehubungan hal tersebut, Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Maros, Husair Tompo, mengatakan, pihaknya sudah siaga untuk merespon segala bentuk laporan terkait bencana yang akan datang memasuki musim peralihan dari kemarau ke penghujan. Pihaknya juga sudah mendirikan posko tanggap bencana alam.
”Semua sudah kami siapkan. Peralatan sudah siap digunakan. Kami juga sudah menyediakan posko induk tanggap bencana. Terkadang musim penghujan diikuti dengan bencana alam. Makanya, SDM sudah kami latih untuk lebih tanggap bencana,” jelasnya. (ari/mir/c)

Comments

Copyright © 2017 Berita Kota Makassar.

To Top