Lorong di Makassar Makin Cantik – Berita Kota Makassar
Metro

Lorong di Makassar Makin Cantik

MAKASSAR, BKM–Dulu kalau mendengar nama lorong atau gang, di dalam pikiran warga pasti terbersik kata kotor, kumuh dan rawan kriminal. Namun sekarang, lorong sudah menjadi salah satu lokasi yang cantik, jauh dari kumuh dan dapat memecah persoalan di perkotaan.

Dari 143 kelurahan di Kota Makassar, hampir semua lorong sudah tertata dengan rapi, diberi cat warna warni dan bunga yang cantik, serta tidak kalah pentingnya, gotong royong antar warga di lorong sangat terlihat.
Dua tahun kepemimpinan Wali Kota Makassar, Moh Ramdhan Pomanto dan Wakil Wali Kota Makassar, Syamsu Rizal, perubahan wajah lorong mulai membaik. Program penataan lorong dan lorong garden (Longgar) bisa dikatakan berhasil di tangan Danny sapaan akrab wali kota.
Danny menyebutkan bahwa lorong atau gang adalah sel inti sebuah kota. Membangun sebuah gang sama seperti membangun sebuah kota.
“Banyak persoalan perkotaan berada di dalam lorong, seperti kejahatan dan kemiskinan. Jika pemerintah dapat memberdayakan masyarakat yang tinggal di lorong dan dapat memecahkan masalah warga yang tinggal di lorong maka hampir semua masalah perkotaan dapat diatasi,” ucapn Danny.
Hanya saja, Danny mengaku tidak ingin cepat berpuas diri. Justru perubahan yang sudah dirasakan masyarakat Kota Makassar khususnya pada kebersihan dan tertatanya sebagian lorong-lorong membuat Danny terus mengoptimalkan berjalannya beberapa programnya.
“Ini baru awal dari sebuah gerakan besar untuk menjadikan Makassar dua kali tambah baik. Saya akan terus menjalankan program termasuk program Badan Usaha Lorong (Bulo), Smart Lorong dan beberapa program lorong yang telah disiapkan,” kata Danny kepada BKM, Selasa (11/10).
Meski dirasakan sudah cukup banyak perubahaan yang terjadi di Makassar, namun dia mengaku akan terus menggenjot program yang telah disiapkan termasuk menata pedagang kaki lima (PK5) dengan membentuk kawasan PK5 center.
“Di akhir masa jabatan 2019, saya optimis dapat merealisasikan semua program yang telah disiapkan demi perubahan dan kemajuan Kota Makassar menjadi dua kali tambah baik,” jelasnya.
Terpisah, Kepala Kecamatan Makassar, Ruly yang memiliki ratusan lorong mengaku telah mengalami perubahan 70 persen. “Perubahan lorong saat ini sangat signifikan, khususnya perubahan khususnya kebersihan. Saat orang nyaman melintas di lorong, lorong bukan lagi ancaman bagi pejalan kaki, buang sampah juga segan, lorong ?saat ini sudah menjadi nyaman, dan 70 persen untuk 14 kelurahan dengan kondisi yang sangat baik,” ungkap Ruly.
Ruly juga menambahkan ada beberapa variasi tingkat keberhasilan dalam lorong sesuai kondisi masyarakat, kondisi lorong, penataannya juga?,” tambahnya.
Hal sama juga diungkapkan Kepala Kecamatan Ujung Pandang, Zulkifly Nanda. Ia mengaku, sudah 65 persen kondisi lorong diwilayahnya telah berubah makin cantik. “Secara keseluruhan di wilayah telah melakukan renovasi lorong. Dari yang sama sekali tidak tertata, lorong yang kumuh menjadi lorong yang indah dan memiliki berbagai program, diantaranya lorong KB, lorong binaan teman teman kombes, lorong binaan para RT/RW. Kondisi lorong saat ini, betul betul meningkat, semua berawal dari lorong, terjadi perubahan luar biasa, darai segi penghijauan, partisipasi masyarakat cukup tinggi, perubahan sudah cukup besar lebih baik dari penataan sebelumnya,” ungkap Zulkifly.(arf-jun/war/b)

Comments

Copyright © 2017 Berita Kota Makassar.

To Top