Metro

Dewan Malas Hadiri Pembahasahan APBD-P

MAKASSAR, BKM– Kehadiran anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Makassar yang tergabung dalam Badan Anggaran (Banggar) terbilang memprihatinkan.
Pada rapat Banggar tentang pembahasan Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) Perubahan 2016 bersama satuan kerja perangkat daerah (SKPD), Selasa (11/10), harus ditunda hingga tiga jam lebih sambil menunggu rapat qorum.
“Rapat dijadwalkan sekitar pukul 10:00 pagi, tapi rapat dimulai setelah pukul 01:00 siang atau ada penundaan hingga tiga jam lamanya. Ini namanya kan mereka (dewan) tidak serius datang rapat,” ungkap Peneliti Kopel Sulawesi Selatan, Santa TG, di ruang rapat gedung DPRD Makassar.
Lanjut Santa tiga perwakilan anggota fraksi Partai Politik di DPRD Makassar tidak menghadiri rapat sejak dibuka, diantaranya Fraksi Partai PDIP, Hanura dan Nasdem. Sementara empat fraksi yang tidak utuh diantara lain Fraksi Partai Golkar, PKS, PPP, Gerindra dan PAN. Hanya Fraksi Partai Demokrat yang disebutkan utuh.
“Dari sembilang fraksi yang ada, hanya Partai Demokrat yang utuh masuk dalam ruang sesuai dengan jadwal pembahasan, sementara lainnya hanya satu orang yang seharusnya dua arang anggota,” ujarnya.
Menurut Santa sikap anggota Banggar yang tidak disiplin itu harus mendapat teguran dari pimpinan partai masing-masing. Bahkan, menurut Santa, pimpinan partai harus merombak anggotanya yang ada di Banggar ke alat kelengkapan dewan (AKD) lainnya agar dapat mengkritisi anggaran yang diusulkan SKPD.
“Pembahasan di Banggar merupakan agenda urgen untuk belanja satu tahun mendatang. Jadi sangat disayangkan jika dilewatkan oleh dewan bersangkutan, atau hanya datang mengisi absen tanpa melakukan koreksi atas anggaran SKPD,” katanya.
Sementara itu, Ketua Banggar, Adi Rasyid Ali, juga sangat menyayangkan sikap anggotanya dari beberapa fraksi yang tidak serius melaksanakan rapat. Adi mengaku sangat malu pada sejumlah pimpinan SKPD yang hadir dalam forum banggar tepat dengan jadwal yang ada dalam undangan.
“Kami sudah tiga jam menunggu, jujur yah saya hanya sendiri tadi menunggu tiga jam, tapi rapat belum kami buka karena belum qorum,” ucapnya.
Dari absensi rapat banggar hingga pukul 03:00 sore hari anggota banggar yang tidak hadir diantaranya, Abdul Wahab Tahir (Golkar), Supratman (Nasdem), M Yunus (Hanura), Irwan St (PKS), Irwan ST, Amar Busthanul (Gerindra/sakit) sementara yang telat masuk dalam forum, Jufri Pabe (Hanura), Andi Vivin Sukmawati (PDIP) Fasruddin Rusli (PPP) Samsuddin Kadir (Golkar), Andi Pahlvi (Gerindra) dan Mario David (Nasdem) serta William Lauren (PDIP).
Ditanya soal keterlambtannya Anggota Banggar, Andi Pahlevi mengatakan, beberapa anggota banggar hadir saat pukul 10:00 pagi sesuai dengan jadwal, tapi karena rapat tidak kunjung dibuka sehingga berkumpul di ruang komisi masing-masing. “Saya ini dan beberapa anggota banggar hadir sejak tadi. Tapi setelah masuk ruangan, beberapa anggota tidak ada, akhirnya saya rapat di komisi dulu,” kilahnya.(ita)

loading...
Comments

Copyright © 2017 Berita Kota Makassar.

To Top