Berita Kota Makassar | Samsu Niang Minta Pemerintah Perhatikan Aspirasi Daerah
Politik

Samsu Niang Minta Pemerintah Perhatikan Aspirasi Daerah

Ist RESES--Anggota DPR RI dari PDIP Syamsu Niang menerima sejumlah aspirasi dari masyarakat saat melakukan reses di sejumlah daerah.

MAKASSAR, BKM–Anggota Komisi VIII DPR RI dari Fraksi PDI Perjuangan, Samsu Niang, meminta pemerintah pusat untuk memerhatikan dengan sungguh-sungguh aspirasi daerah yang disampaikan oleh wakil rakyat. Aspirasi tersebut diserap saat melakukan berbagai kunjungan kerja ke daerah, seperti reses, kunjungan kerja daerah pemilihan dan sejumlah kunjungan lainnya.
“Aspirasi-aspirasi tersebut harus menjadi skala prioritas pemerintah dan menyusun dan menurunkan program pembangunan kepada masyarakat, khususnya yang ada di daerah pemilihan Sulawesi Selatan II,” ujar Samsu Niang.
Sekadar diketahui, dapil Sulawesi Selatan II meliputi 9 kabupaten yakni Maros, Pangkep, Barru, Parepare, Wajo, Soppeng, Bone, Sinjai dan Bulukumba.
Dijelaskan Samsu Niang, selama ini masih banyak program pembangunan yang diturunkan ke masyarakat yang terkadang tidak sesuai dengan kebutuhan saat itu. Saat melakukan reses pada masa sidang IV tahun 2015-2016, 3-11 Agustus 2016 lalu, Samsu Niang banyak menerima aspirasi dari masyarakat petani. Aspirasi tersebut berkaitan langsung dengan kebutuhan para petani. “Ada sejumlah aspirasi yang disampaikan, yakni masyarakat membutuhkan bantuan langsung seperti traktor, mobil panen, pestisida dan lainnya. Bantuan lain yang penting adalah pembangunan irigasi bagi petani. Keberadaan irigasi ini sangat penting untuk mendukung program pemerintah swasembada pangan dua juta ton,” ujar mantan wakil ketua DPRD Kota Makassar ini.
Selain itu, menurut Samsu Niang, dalam rekomendasi resesnya, dirinya menyampaikan aspirasi warga berupa permintaan bantuan sosial yang diberikan pemerintah pusat melalui Kementerian Sosial, seperti KUBE, PKH, KIS, KIP dan KKS, maupun yang diberikan melalui kementerian atau lembaga Negara lainnya. “Bantuan-bantuan itu hendaknya tepat sasaran, baik penerima maupun jumlah yang diterima penerima manfaat. Hal ini bisa terjadi kalau dari awal prosesnya, mulai dari pendataan, verifikasi, dan lainnya dilakukan dengan baik dan benar, oleh petugas yang berkompeten,” katanya.
Ditambahkan bila setiap tahun, sejumlah daerah di dapil II mengalami kebanjiran apabila hujan turun dalam kurun waktu tertentu. Untuk itu, pemerintah daerah dan pusat hendaknya berkoordinasi untuk mengatasi masalah itu, baik dampak langsung bencananya, dampak sosialnya hingga penanganan pasca bencananya. Hal ini dirasa perlu agar masyarakat tidak menjadi korban begitu saja. “Harapan saya agar aspirasi-aspirasi ini bisa diperhatikan,”katanya. (adv)

Comments

Copyright © 2017 Berita Kota Makassar.

To Top