Perkampungan An Nadzir Percontohan KTAR – Berita Kota Makassar
Gojentakmapan

Perkampungan An Nadzir Percontohan KTAR

GOWA, BKM — Antusiasme Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Gowa dalam menciptakan ruang-ruang terbuka hijau maupun taman-taman sebagai public space masyarakat, makin digencarkan. Salah satu upaya Pemkab untuk menciptakan keasrian serta kenyamanan masyarakat berada di tempat-tempat terbuka, yakni menetapkan sejumlah kawasan hijau atau bebas tanpa polusi asap rokok. Ruang-ruang hijau tanpa asap rokok ini bukan hanya diterapkan dalam wilayah perkotaan Sungguminasa. Tapi juga di sejumlah kecamatan luar ibukota kabupaten.
Setelah pemerintah kecamatan Somba Opu dan kecamatan Manuju menetapkan satu wilayah percontohan Kawasan Tanpa Asap Rokok (KTAR), kini menyusul hal sama dilakukan pemerintah kecamatan Bontomarannu. Satu kawasan perkampungan yang dipilih sebagai percontohan adalah wilayah perkampungan Butta Ejaya di kelurahan Romang Lompoa. Perkampungan ini dihuni 450 jiwa dengan 90 kepala keluarga.
”Kami telah tetapkan kampung An Nadzir ini sebagai kawasan tanpa asap rokok. Sebab memang warganya sama sekali tidak ada yang merokok. Potensi sejuk damai dan hijau yang dilakukan warga An Nadzir telah menunjukkan bahwa mereka komitmen menjaga kelestarian dan hijaunya lingkungan mereka,” jelas H Abd Rachman Mapparessa, Camat Bontomarannu, Sabtu (8/10).
Rachman pun berharap dengan adanya percontohan wilayah tanpa asap rokok ini dapat memotivasi masyarakat di perkampungan lainnya di Bontomarannu untuk berbuat yang sama. Dg Nurung, salah seorang warga Butta Ejaya yang bertempat tinggal di luar perkampungan An Nadzir membenarkan pola kehidupan masyarakat di perkampungan ini.
”Iye. Memang sejak perkampungan ini ada di bawah nakhoda ustad Rangka selaku pemimpin besarnya, saya tidak pernah melihat satu orang pun warga laki-lakinya yang merokok,” ungkap Dg Nurung. (sar/mir)

Comments

Copyright © 2017 Berita Kota Makassar.

To Top