Metro

Disnaker Fokus Atasi Pengangguran

INT JOB FAIR--Wali Kota Makassar, Moh Ramdhan Pomanto membuka kegiatan Job Fair yang digelar Disnaker baru-baru ini.

MAKASSAR, BKM– Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) Kota Makassar sudah siap menjalankan Program Jaksa Samboritta yang digagas Berita Kota Makassar, bekerjasama Kejaksaan dan Pemerintah Kota Makassar.
Bahkan dalam kegiatan tersebut, Disnaker mengusung program yakni mengurangi jumlah pengangguran di Kota Makassar, melalui event Job Fair setiap tahun.
Kepala Dinasnaker Kota Makassar, Andi Bukti Jufri menjelaskan, untuk mewujudkan harapan dari pemerintah kota dalam mengatasi dan menekan penurunan jumlah pengangguran di Kota Makassar, Disnaker Kota Makassar membuat suatu program utama yang menjadi andalan yakni peningkatan kesempatan kerja dan peningkatan kualitas serta produktifitas tenaga kerja.
Untuk menjalankan, Disnaker Makassar rutin setiap tahun memberikan pelayanan administrasi pencari kerja, job fair, padat kerya produktif Teknologi Tepat Guna (TTG) dan pembinaan kelompok usaha mandiri pendidikan dan pelatihan keterampilan bagi pencari kerja produktif.
“Untuk memaksimalkan program, kami juga melakukan pelatihan pengembangan kewirausahaan dan pelatihan pemagangan serta sertifikasi,” kata Andi Bukti Jufri kepada BKM, Senin (10/10).
Dia menambahkan, tahun 2016 ini, pihaknya telah melaksanakan job fair sebanyak dua kali yang bertempat di Celebes Convention Center (CCC) Jalan Metro Tanjung Bunga. Pelaksanaan job fair pertama di bulan April dengan mengambil 580 pencari kerja untuk ditempatkan di perusahaan dan menyusul di Agustus dengan mengambil 435 pencari kerja untuk ditempatkan diberbagai perusahaan yang digandeng.
Agar program yang dimiliki dapat maksimal berjalan, Disnaker Kota Makassar menyediakan anggaran sebesar Rp7 miliar dari APBD yang dimana pengelola dan pelaksana anggaran dipilih adalah Bidang Pelatihan dan Produktifitas serta Bidang Perencanaan Perluasan dan Penempatan Tenaga Kerja sebagai (PPTK).
“Kegiatan ini akan terus dilaksanakan untuk membantu mengurangi pengangguran yang ada di Makassar dengan membantu para pencari kerja dan perusahaan yang membutuhkan tenaga kerja dengan menyediakan anggaran Rp7 miliar, hingga akhir tahun ini,” jelasnya. (arf)

Comments

Copyright © 2017 Berita Kota Makassar.

To Top