Politik

Balon Gubernur Perkenalkan Diri Lewat Sosial Media

MAKASSAR, BKM–Satu lagi Bakal calon (Balon) Gubernur Sulsel menyatakan siap maju di Pemilihan Guberur (Pilgub) Sulsel 2018 mendatang. Kali ini balon gubernur Muhammad Arifuddin Sulaiman menyampaikan kesiapannya untuk maju di Pilgub lewat sosial media. Arifuddin yang disebutkan sebagai pemilik Ardan Masogi ini juga menyampaikan kemasyarakat melalui pesan singkat dan BlackBerry Massage (BBM). “Pemilih dan famili Sulsel hormatku semua. Izin, saya Muhammad Arifuddin Sulaiman (Pemilik Ardan Masogi) bkl calon gubernur 2018. Restu dan doata adalah harapanku (95)”tulis Arifuddin lewat pesan singkat, BBM maupun WhatsApp (WA) Sabtu hingga Senin (10/1) kemarin.
Kesiapan Arifuddin menambah panjang daftar balon gubernur Sulsel mendatang diantaranya Abd Aziz Qahhar Mudzakkar, Nurdin Abdullah (NA), Agus Arifin Nu’mang (AAN), Ichsan Yasin Limpo (IYL), Abd Rivai Ras (ARR), La Tinro La Tunrung, Burhanuddin Andi (Bur), Ni’matullah, HM Amir Uskara, Andi Jamarro Dulung, Andi Ridwan Wittiri (ARW), Luthfi A Mutty, Akbar Faisal, Rusdi Masse (RMS), Nurdin Halid (NH), Ashabul Kahfi dan Aliyah Mustika Ilham.
Dari sederet nama tersebut, lima balon memiliki peluang yang cukup besar untuk memperebutkan simpati partai politik sebagai kendaraan. Kelimanya yakni NA, IYL, AAN, NH serta ARR.
Pemerhati politik dari Indeks Politika Indonesia (IPI) Suwadi idris Amir menilai Pilgub Sulsel memang memiliki daya tarik tersendiri, selain karena Syahrul Yasin Limpo tak bisa lagi maju. “Tak hanya itu, dukungan partai juga bisa merata ke sejumlah balon,”ujar Suwadi, Senin (10/10) kemarin.
Data yang dikumpulkan koran ini, sejumlah balon juga berpeluang berkoalisi hingga berpasangan seperti NA-Ahmad Taribali Lamo dan Bur/ARW. Kemudian IYL-Andi Mudzakkar, Luthfi dan RMS. Adapun NH berpeluang berpaket dengan HM Roem, Ni’matullah/Aliyah Mustika maupun Kahfi.
Sementara AAN juga berpeluang paket dengan Kahfi, Amir Uskara dan HM Roem. Demikian halnya dengan ARR berpotensi paket dengan Aliyah Mustika, La Tinro La Tunrung atau Andi Jamarro Dulung
“Semuanya masih memungkinkan, sepanjang adanya komunikasi lintas partai maupun antar balon,”pungkas Suwadi. (rif)


Comments

Copyright © 2017 Berita Kota Makassar.

To Top