Sidrap Sukses Program Membaca 15 Menit – Berita Kota Makassar
Sulselbar

Sidrap Sukses Program Membaca 15 Menit

SIDRAP, BKM — Pemkab Sidrap kembali mendapatkan pengakuan dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Depdikbud) RI. Hal itu setelah, percontohan program budaya baca 15 menit baca buku oleh siswa sebelum pelajaran dimulai sukses diterapkan diseluruh sekolah yang ada di Sidrap dan Sulsel.
Program yang pertama kali digagas Pemkab Sidrap itupun membuat Kepala Dinas Pendidikan (Disdik) Sidrap, Nur Kanaah dan Muh Basri, Kepala SDN 1 Allakuang, Kecamatan Maritengngae, Sidrap diundang ke Jakarta sebagai pemateri dalam acara Konkow Pendidikan dan Diskusi Ahli dan Tukar Pendapat (Kopi Darat), di Perpustakaan Kemdikbud, Gedung C, Lantai 3, Jalan Jend Sudirman, Senayan, Jakarta Pusat, Rabu (12/10). “Kehadiran kami disana nantinya akan memaparkan giat-giat sukses dalam penerapan program membaca 15 menit sebelum pelajaran ini dimulai, sehingga menjadi daerah percontohan di Sulsel,” ujar Nur Kanaah, saat mengikuti jalan sehat tingkat UPTD Pendidikan, Kecamatan Pitu Riawa, Minggu, (9/10).
Ia mengatakan, acara yang bertemakan “Menumbuhkan Budaya Baca dan Meningkatkan Manajemen Perpustakaan”, juga bakal dihadiri sejumlah narasumber diantaranya, Dirjen Pendidikan Dasar dan Menengah Depdikbud dan sejumlah pemateri lainnya yang akan mengulas suksesnya program tersebut.
Selain itu, acaranya juga rencananya akan dihadiri Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud), dan diikuti sejumlah peserta seluruh Indonesia.
Nur Kanaah menjelaskan, kesuksesan Sidrap dalam menerapkan program nasional tersebut, tidak terlepas dari campur tangan keseriusan bupati Sidrap, Rusdi Masse (RMS) dalam mengawal dan memantau program yang dicetuskan sejak tahun 2015 lalu.
Menurutnya, penerapan program ini, berangkat dari fenomena yang terjadi dikalangan masyarakat yang kurang minat membaca, khususnya pelajar atau siswa, sehingga hal inilah yang memacu Pemkab Sidrap untuk terus menjalankan program minat baca di seluruh sekolah mulai dari tingkat SD hingga SMA sederajat.
Sementra itu, Bupati Sidrap dua periode, Rusdi Masse mengharapkan, kepada seluruh pihak, khususnya para guru dan kepala sekolah agar terus melanjutkan program ini.
“Program budaya baca ini diharapkan dapat menjadi kebiasaan, baik itu dikalangan pelajar maupun masyarakat umum. Sebab, penambahan ilmu pengetahuan tidak perna ada habisnya,” tandasnya. (ady/C)

Comments

Copyright © 2017 Berita Kota Makassar.

To Top