PSI Siap Hadapi Verifikasi KPU – Berita Kota Makassar
Politik

PSI Siap Hadapi Verifikasi KPU

Ist VERIFIKASI--Sekretaris PSI Sulsel Fadly Noor memberikan keterangan usai mendapatkan status sebagai organisasi berbadan hukum. Kini PSI akan mengikuti verifikasi di KPU untuk menjadi partai peserta pemilu 2019 nanti.

MAKASSAR, BKM–Setelah lolos verifikasi dan mendapatkan status sebagai organisasi berbadan hukum, oleh Kementian Hukum dan HAM, maka Partai Solidaritas Indonesia (PSI) akan mempersiapkan untuk menghadapi verifikasi keanggotaan partai politik peserta pemilu 2019 oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU).
Sekretaris DPW PSI Sulsel, Fadli Noor mengungkapkan, dalam menghadapi verifikasi oleh KPU, partainya sudah mulai menyiapkan langkah strategis hingga ke seluruh tingkatan pengurus PSI, khususnya PSI di Sulsel. Hal itu disampaikan Fadli, dalam keterangan persnya, Minggu (9/10).
“Sekarang kita kita konsen untuk mempersiapkan diri, dan akan mengoptimalkan kerja-kerja partai di struktur hingga di tingkat bawah untuk mulai menghadapi verifikasi di KPU. Semua organ partai hingga kecamatan itu bukan fiktif, organnya ada dan strukturnya bekerja,”ujar Fadli kemarin.
PSI yang didirikan Grace Natalie ini sudah dinyatakan lolos tahapan awal melalui verifikasi yang digelar KemenkumHAM untuk menghadapi tahapan guna menjadi peserta pemilu 2019.
“Menghadapi verifikasi KPU kita juga sudah siap. Karena kami juga menggunakan konsultan untuk mengupgrade soal persiapan kami itu. Tentu kami juga akan berkoordinasi dengan KPU pusat hingga daerah, menyangkut hal-hal teknis yang dipersyaratkan oleh KPU,”jelasnya.
Sebelumnya, PSI memperoleh status badan hukum partai politik oleh KemenkumHAM. Selain KemenkumHAM, tim verifikasi partai politik tahun 2016 ini juga terdiri dari Kemendagri, Kesbangpol Provinsi dan Kabupaten/Kota, serta tim teknis lainnya.
Tim melakukan verifikasi administrasi dan faktual selama 45 hari. Tahap pertama (admnisitrasi) dilaksanakan 1 hingga 15 Agustus. Tahap kedua verifikasi faktual dengan memeriksa langsung keabsahan dokumen persyaratan, yang dilaksanakan 18 Agustus hingga 23 September.
Hasilnya, hanya PSI yang memenuhi syarat dan ketentuan Undang-undang nomor 2 tahun 2011, tentang partai politik. Dan peraturan Menteri Hukum dan HAM nomor 37 tahun 2015, tentang tata cara pendaftaran pendirian badan hukum, perubahan AD/ART, serta pergantian kepengurusan partai politik. (rif)

Comments

Social Media

Dalam melaksanakan tugas jurnalistik, wartawan Berita Kota dibekali tanda pengenal. Tidak diperkenankan menerima, apalagi meminta, imbalan dari siapapun, dalam bentuk apapun, serta dengan alasan apapun.

Copyright © 2017 Berita Kota Makassar.

To Top