Gojentakmapan

Hari ini, 627 PNS Maros Uji Kompetensi

MAROS, BKM — Sekitar 627 orang Pegawai Negeri Sipil (PNS) lingkup Pemerintah Kabupaten Maros akan mengikuti uji kompetensi. Ujian tersebut dijadwalkan berlangsung pada Senin (10/1O) hari ini. Pelaksana tugas (Plt) Badan Kepegawaian Daerah dan Diklat (BKDD) Kabupaten Maros, Baharuddin mengatakan, uji kompetensi ini bertujuan mengisi jabatan lowong untuk jabatan eselon IIIa, IIIb, IVa dan IVb.
Pelaksanaan uji kompetensi ini berdasarkan aturan yang ditetapkan di Maros. Setiap pejabat yang ingin naik jabatan, maka harus melalui uji kompetensi. Ia juga mengatakan, pada uji kompetensi ini, tidak hanya tes tertulis yang akan diujikan, tapi seluruh peserta tes uji kompetensi harus mengikui tes wawancara dan kesehatan. ”Bagi peserta uji kompetensi yang lulus tes tertulis akan dilanjutkan dengan tes wawancara pada 14 Oktober mendatang. Setelah lolos lagi di tes wawancara dilanjutkan tes kesehatan pada 17 Oktober,” ungkapnya.
Bahar mengatakan, jabatan yang akan ditempati para PNS yang lulus uji kompetensi ini nantinya akan disesuaikan hasil tesnya. Meski demikian, di antara semua jabatan yang ada di Maros, jabatan paling banyak dipilih Kasubag program dan Kasubag keuangan. Pertimbangan dilakukannya tes kesehatan, menurutnya, dengan harapan para pejabat struktural ketika selesai melakukan uji kompetensi ini bisa menjalankan dan melaksanakan tugasnya sesuai jabatannya masing-masing.
”Kita beharap mereka bisa sehat dan bisa menjalankan perannya di tempat dimana dia bertugas. Jangan sampai ketika dia menjabat, ternyata jabatan itu berat untuk kesehatannya. Karena terlalu banyak menguras tenaga dan pikiran membuat orangnya sakit. Tentu tidak bagus juga. Makanya, semua hasil akhir tergantung tes kesehatannya,” akunya.
Uji kompetensi ini menjadi salah satu pertimbangan penting dalam rangkaian proses evaluasi dan penempatan PNS pada jabatan struktural. Baharuddin berharap lewat tes ini nantinya bisa menghasilkan pegawai yang kompeten dibidang tugasnya masing-masing. ”Karena tentu ada persaingan disini. Sehingga untuk mendapatkan jabatan yang diinginkan, itu bukan asal-asalan,” paparnya. (ari/mir/c)

Comments

Copyright © 2017 Berita Kota Makassar.

To Top