Sulselbar

DPRD Segera Sahkan Perda Kelembagaan

MAMUJU, BKM — Ranperda tentang Struktur Kelembagaan Pemprov Sulbar yang saat ini dalam Proses finalisasi di Pansus Kelembagaan DPRD Sulbar, rencanya disahkan menjadi Perda pada pekan depan. ”Agendanya pekan depan DPRD sahkan Perda kelembagaan tersebut,” ujar Ketua DPRD Sulbar, HA Mappangara, SSos, di gedung wakil rakyat, Jumat (7/10).
Menurutnya, dari dasar PP nomor 18 tahun 2016, maka Pemprov akan mengalami beberapa perubahan baik dari jumlah pejabat eselon, terutama eselon 3 dan 4, juga perubahan nomenklatur. Karena ada sebagian SKPD yang menggabung dan ada yang terpisah. ”Sesuai PP 18/2016, jumlah eselon di Pemprov Sulbar akan berkurang. Dari acuan PP lama, yakni PP 41, yang tetap eselon II yakni sekitar 40 an eselon, Eselon III berkurang 58 dan eselon IV berkurang seratus lebih,” imbuh politisi Demokrat ini.
Secara teknis, masih kata Mappangara, berkurangnya jumlah eselon III dan IV berdasarkan PP Nomor 18/2016, menjadi kewenangan Pemprov untuk mencarikan solusi mereka para pejabat eselon tersebut yang telah menduduki jabatan berdasarkan PP 41, dan di PP 18/ Tahun 2016 tidak akan mendudukinya lagi.
Ia berharap ada solusi dari Pemprov. Salah satu yang bisa ditempuh, kata legislator Dapil Polman ini, yaitu melalui UPTD yang lumayan banyak dimiliki Pemprov. Seperti di Dinas PU, Dinkes maupun Disdikbud. ”Ini kewenangan Pemprov secara teknis untuk mencarikan solusi. Salah satunya melalui penempatan di UPTD. UPTD di Pemprov ada beberapa unit baik di dinas PU, Dinkes, dan dinas Dikbud. Semoga mereka yang akan kehilangan jabatan eselon III dan IV terakomidir di UPTD nantinya,” kata Mappangara.
Untuk dana APBD pokok tahun 2017, pihak dewan berharap eksekutif dan anggota DPRD Sulbar segera membahas RAPBD tersebut setelah pengesahan kelembagaan, agar nantinya dapat disahkan sebelum berakhir masa jabatan Gubernur Sulbar, H Anwar Adnan Saleh desember nanti. ”Untuk APBD pokok tahun 2017, kami berharap ke Pemprov dan DPRD Sulbar segera membahas pasca-pengesahan pada kelembagaan. Karena kita berharap dapat disahkan sebelum berakhir masa jabatan gubernur Sulbar desember nanti,” ungkapnya. (ala/mir/c)

loading...
Comments

Copyright © 2017 Berita Kota Makassar.

To Top