421 Napi Diceramahi Wawasan Kebangsaan – Berita Kota Makassar
Sulselbar

421 Napi Diceramahi Wawasan Kebangsaan

PENYULUHAN -- Dandim Sidrap, Kapolsek Marintengngae, Kepala Badan kesbangpol Sidrap, Kepala Rutan bersama Kepala Keamanan Rutan foto bersama usai menggelar penyuluhan, di Rutan Klas IIB SIdrap, Minggu (9/10).

SIDRAP, BKM — Pembinaan karakter untuk generasi muda sangat diperlukan agar mampu menumbuhkan prilaku spontanitas manusia dalam bersikap yang tegas, disiplin, dan berbudi luhur tanpa harus terlibat kasus kasus kriminal ditengag masyarakat.
Dandim 1420/Sidrap, Letkol Inf Hendi Ahmad Pribadi, ketika menggelar sosialisasi dan memberikan pencerahan tentang wawasan kebangsaan dan bahaya pengguna narkoba dihadapan 421 tahanan titipan dan narapidana Rumah Tahanan (Rutan) Klas IIB Sidrap, Minggu (9/10).
Dandim mengatakan penyukuhan ini sebagai bentuk pencerahan dalam rangkaian Layanan Kunjungan Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) yang digelar serentak oleh Makodim di seluruh Indonesia.
Hendi Ahmad menegaskan tingginya angka penggunaan narkoba dikalangan remaja ini sudah sangat memprihatikankan.
Para remaja ini harus diselamatkan dengan memberikan pemahaman dan pembinaan agar ideologi mereka terfokus untuk kepentingan-kepentingan negara, bukan hanyut dalam pusaran narkoba.
“Ini yang harus kita susupkan pencerahan terhadap arti berbangsa dan bernegara yang baik, bukan terlibat kasus kriminal terutama narkoba. Kelak mereka keluar dari lembaga ini bisa menjadi pamor ditengah masyarakat dan tidak mengulangi perbuatannya lagi,” tegas Letkol Inf. Hendi Ahmad Pribadi.
“Makna yang terkandung terkait materi itu dapat dilaksanakan dan diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. Kita juga berharap warga binaan pemasyarakatan agar terus dapat intropeksi diri. Banyak waktu yang bisa di manfaatkan tempat ini untuk mempersiapkan diri setelah keluar dari Rutan ini,” tandasnya.
Sementara itu, pihak Rutan sendiri juga sudah menyiapkan pembinaan karakter, bakat keterampilan serta mental bagi para warga binaannya.
Kepala Rutan Klas II B Sidrap, Mansyur, menambahkan kegiatan layanan kunjungan warga binaan pemasyarakatan ini dirangkaikan dengan Peringatan Hari Dharma Karyadhika 2016 yang diikuti seluruh keluarga warga binaan.
Kini, jumlah warga Binaan Rutan Klas II B saat terdiri 64 orang tahanan, 243 orang narapidana. Sementara tahanan untuk kasus narkoba berjumlah 24 orang dan narapidana narkoba berjumlah 178 orang.
“Totalnya ada 421 orang warga binaan dan tahanan titipan yang akan kita bentuk karakter melalui pembinaan bakat dan keterampilan masing-masing. Sarana sudah ada kami siapkan,” pungkasnya. (ady/C)

Comments

Social Media

Dalam melaksanakan tugas jurnalistik, wartawan Berita Kota dibekali tanda pengenal. Tidak diperkenankan menerima, apalagi meminta, imbalan dari siapapun, dalam bentuk apapun, serta dengan alasan apapun.

Copyright © 2017 Berita Kota Makassar.

To Top