Uncategorized

Australia Gagas Kerjasama Pemkab Sidrap

PAPARKAN PROGRAM -- Konsulat Jenderal Australia, Richard Mathews saat berkunjung ke Sidrap dan memaparkan bentuk kerjasama yang akan dilakukan oleh Australia dan Sidrap, di Kantor Bupati, Kamis (6/10) lalu.

SIDRAP, BKM — Konsulat Jenderal (Konjen) Australia, Richard Mathews memuji kemajuan pembangunan Kabupaten Sidrap diberbagai sektor, seperti pertanian dan peternakan. Begitupula dengan keberadaan perguruan tinggi negeri yang dibiayai oleh pemerintah.
Kepala Bappeda Sidrap, Sudirman Bungi saat dihubungi, Jumat (7/10) mengatakan rombongan Konjen Australia diterima Pemkab Sidrap, Kamis, (6/10).
Menurutnya, rombongan mengunjungi Sidrap karena ingin melihat langsung keberhasilan pembanguan di Bumi Nene Mallomo ini diberbagai sektor baik pertanian, peternakan hingga pendidikan.
“Kemarin (Kamis lalu, red), rombongan Konjen Australia datang ke Sidrap untuk melihat pembangunan bapak bupati Sidrap, H Rusdi Masse selama dua periode ini. Mereka juga mengunjungi peternakan sapi PT Berdikari United Livestock (Buls),” ucapnya.
Di lokasi peternakan PT Buls, kata Sudirman, rombongan diajak berkeliling melihat fasilitas dan infrasruktur yang seluas enam hektare itu. Lahan Buls yang berkapasitas ribuan ekor itu juga terintegrasi dengan perkebunan.
Menurutnya, keberadaan Consulat Australia di Makassar tentunnya dengan adanya kerjasama yang baik antara pemerintah Indonesia dan Australia khususnya dalam bidang mengembangkan kemitraan perdagangan dan investasi serta mempererat hubungan antar sekolah dan lembaga pendidikan di kawasan timur Indonesia.
“Sidrap sunggu luar biasa. Na’ untuk itu, kita tertarik untuk melakukan penjajakan di daerah ini,” ucap Sudirman Bungi menirukan bahasa Konjen Australia, Richard Mathews.
Richard, katanya akan membangun kerjasama yang baik antara Australia dan Sidrap. Untuk itu, perwakilan Australia akan kembali datang ke Sidrap untuk menindaklanjuti hasil kunjungannya, khsusunya dalam meningkatan perekonomian warga.
Sementara itu, Asisten Pemerintahan dan Kesra Sidrap, Hamka Laokki menambahkan, bahwa salah satu yang ditawarkan Richard adalah bantuan program S2 dan S3 di Universitas Australia. “Ini untuk masyarakat umum, guru atau pegawai negeri. Yang berminat bisa langsung mendatangi kantor Konsulat Australia di Wisma Kalla Lantai 7 Makassar,” ungkapnya.
Ia mengaku, kunjungan Richard merupakan peluang kerjasama Kabupaten Sidrap dan Australia. “Semoga bisa terwujud kerjasama tersebut. Khusus program S2 atau S3 yang bisa memenuhi syarat TOEFL dan sebagainya bisa bergabung,” tandas Hamka Lokki. (ady/C)

Comments

Copyright © 2017 Berita Kota Makassar.

To Top