Sulselbar

Taufan Geser Sembilan Pejabat

PAREPARE, BKM — Wali Kota Parepare, HM Taufan Pawe menggeser sembilan pejabat eselon II B lingkup Pemkot Parepare, di rujab Parepare, Kamis (6/10) sekaligus mengambil sumpah dan melantik para pejabat baru.
Dari sembilan pejabat yang dimutasi hanya satu tidak hadir tanpa alasan jelas. Taufan mengatakan dalam sambutanya, kejadian ini bukan suka atau tidak suka tapi inilah proses, yang dievaluasi oleh tim evaluasi kinerja.
Kita melakukan tim seleksi beberapa bulan lalu dan sudah terpotret selama ini, baru dilakukan pada pemerintahan Taufan dalam uji kelayakan pejabat sebelum di mutasi.
“Kita harus uji kualitas, kompetensi dan profesionalisme pejabat diukur dari fit and proper tes,”tuturnya.
Wali Kota meminta jangan ada p-ejabat yang memberi laporan ABS (asal bos senang, red). Wali kota hanya butuh kinerja yang berkualitas menuju era kompetensi.
“Mana mungkin ada inovasi kalau tidak kompetisi, jadi inovasi inilah menuju kompetisi para pejabat untuk melihat kualitas kinerja para SKPD tersebut,”tuturnya.
Jangan kira dilantik hari ini bisa bertahan lama kalau kinerjanya tidak bagus. Setiap saat akan dilakukan evaluasi atas kinerja para pejabat.”Itu tergantung apakah dia memahami tupoksinya atau tidak,”jelas Taufan.
Wali Kota menambahkan kinerja pejabat akan diukur sejauh mana mampu menjabarkan program Wali Kota dan bermanfaat untuk rakyat. Semua haris dipaparkan sesuai dengan data dan fakta.
,”Saya tidak mau informasi menyenangkan saja ,”jelasnya lagi.
Jika mengacu pada PP 18 tahun 2016, bersinergi UU aparatur negara, ada enam kelembagaan butuh kajian. Contohnya, Kasatpol PP akan jadi dinas, UPT Damkar jadi dinas, perpustakan akan jadi dinas, dinas pemberdayaan perempuan dan anak berdiri sendiri setelah berpisah dari BKKBN, Kantor Ketahanan Pangan menjadi dinas.
Untuk menduduki jabatan itu, harus dilakukan seleksi terbuka, bisa saja orang luar masuk ke Parepare menduduki jabatan tersebut.
Tolong perbaiki kinerja eselon III dan IV untuk menduduki jabatan tersebut. Bisa saja orang luar Parepare menduduki jabatan tersebut karena aturan sudah jelas sesuai PP 18 tahun 2016.
(smr/C)

loading...
Comments

Copyright © 2017 Berita Kota Makassar.

To Top