Sulselbar

Status RSUD Mamuju Terancam Ditinjau Ulang

MAMUJU, BKM — Status type C yang kini disandang Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Mamuju terancam ditinjau ulang. Pasalnya, RSUD ini masih terkendala penyediaan SDM dokter spesialis gigi dan dokter spesialis penunjang medik (anestesi) sebagai salah satu persyaratan penetapan klasifikasi type C. Batas waktu enam bulan yang telah ditentukan sudah terlewati.
Hal ini terungkap dalam forum kemitraan antara Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Mamuju dan BPJS Kesehatan serta instansi terkait lainnya yang berlangsung di Mamuju, Rabu (5/10). Menanggapi hal itu, Kepala Perwakilan Ombudsman Sulbar, Lukman Umar, meminta jajaran Pemkab Mamuju memberikan perhatian serius dalam penyelesaian masalah ini.
Sekaligus mendukung langkah dinas kesehatan Mamuju untuk meminta perpanjangan waktu kepada pihak BPJS agar diberi waktu memenuhi standar pelayanan kesehatan sesuai klasifikasi type C. ”Sangat disayangkan jika status RSUD Mamuju harus ditinjau ulang. Sehingga kami mendorong Pemkab Mamuju memberikan perhatian serius terkait persoalan ini. Sebab, kenaikan status rumah sakit akan berbanding lurus dengan peningkatan kualitas pelayanan kesehatan di daerah ini,” jelas Lukman Umar.
Selain itu, Lukman juga berharap selama dalam proses memenuhi pelayanan standar minimal, sesuai Permenkes No 59 tahun 2014. Pihak BPJS memberikan kebijakan kepada RSUD Mamuju, selama tidak menyalahi aturan, hingga terbitnya Akreditasi Type C RSUD Mamuju.
”Kami sangat berharap dalam persoalan ini pihak BPJS tidak menutup mata. Sehingga jika memang dimungkinkan terkait fasilitas layanan di RSUD Mamuju, BPJS memberikan kebijakan. Sebab ini akan melahirkan masalah baru jika fasilitas layanan kesehatan dikembalikan ke type sebelumnya. Sehingga kami mendorong Pemkab Mamuju segera mempercepat penyelesaian persoalan ini,” harap Lukman Umar. (ala/mir/c)

loading...
Comments

Copyright © 2017 Berita Kota Makassar.

To Top