Pupuk Bersubsidi Diduga Disalahgunakan – Berita Kota Makassar
Sulselbar

Pupuk Bersubsidi Diduga Disalahgunakan

SINJAI, BKM — Swasembada pangan di Kabupaten Sinjai masih jauh dari harapan alias gagal. Salah satu penyebabnya adalah karena pembagian pupuk bersubsidi dari pemerintah tidak merata. Bahkan Pemkab Sinjai hanya bisa pasrah dengan keluhan yang menuding bahwa infrastruktur pertanian yang butuh anggaran besar.
Waka Polres Sinjai Kompol H Abd Rauf disela-sela rapat di ruang pola Kantor Bupati Sinjai bersama Kadis Pertanian dan Holtikultura Kabupaten Sinjai Ir Djamil mengatakan pembagian pupuk bersubsidi tidak merata diduga dimanfaatkan oleh pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab.
Contoh kasus kata dia terdapat pupuk bersubsidi yang dijual luar Sinjai seperti Bulukumba dijual Bone. Apalagi di Kabupaten Bone terdapat pabrik tebuh.
Indikasi penyimpangan dimana kata dia seperti agen pupuk di Kabupaten Sinjai ada yang mengambil keuntungan dari kalangan bawah dengan memnfaatknay lemahnya pengawasan. Sehingga ada upaya memanfaatkan keuntungan dibalik harga subsidi yang sudah ditetapakan oleh pemerintah pusat.
”Masalah pupuk bersibsidi ini telah dilaporkan ke Kejari Sinjai dan kini sedang dalam proses penyidikan,” jelasnya. Selain itu kata dia tanaman sawah petani yang tidak memenuhi syarat untuk mencapai target swasembada pangan seperti yang dicanangkan oleh pemerintah pusat.
Di Sinjai kata dia luas areal pesawahan yang tidak memiliki sumber pendapatan air masih cukup luas dibandingkan dengan sawah yang mendapatkan layanan air irigasi.
Belum lagi sawah tada hujan masih sangat luas dibandingkan sawah yang memiliki potensi mendapatkan hasil panen dua kali setahun. Olehnya itu dibutuhkan kepedulian pemerintah untuk memecahkan masalah tersebut agar program swasembada pangan bisa tercapai.
Ketua DPRD Sinjai Abdul Haris Umar mengatakan kondisi infrastruktur pertanian di Kabupaten Sinjai sesuai dengan hasil reses mengaku telah menemukan solusinya usai berkunjung ke Kantor Pertanian Provinsi Sulsel.
“Pak Kadis Pertanian agar menyiapakan lahan pertanian yang cukup. Karena ada lampu hijau dan mendapatkan anggaran yang besar untuk membangun infrastruktur pertanian di Kabupaten Sinjai untuk tahun 2017,”ungkapnya. (din/E)

Comments

Copyright © 2017 Berita Kota Makassar.

To Top