Gojentakmapan

PKH di Tompobulu Bertambah 400

MAROS, BKM — Sasaran Program Keluarga Harapan (PKH) dari Kementerian Sosial (Kemensos) akan bertambah di Kecamatan Tompobulu sebanyak 400 PKH baru. Hal ini diungkapkan Koordinator Pendamping PKH Kabupaten Maros, Muhammad Agus, Senin (3/10).
Sebanyak 400 sasaran PKH ini tersebar di delapan desa. Ini berarti, sasaran terbanyak dari seluruh kecamatan yang ada di Maros. Tahun 2016 ini, sasaran PKH kecamatan Tompobulu sebanyak 721. Sehingga tahun depan, sasaran PKH Tompobulu melebihi 1.121 keluarga.
”Penerima PKH ini sendiri ditentukan Kemensos. Pendamping PKH hanya melakukan validasi terhadap data dari Kemensos,” ujarnya.
Sedangkan proses pencairan tahap ketiga juga telah dilakukan di kantor Camat Tompobulu oleh juru bayar dari kantor pos. Besaran yang diterima sasaran PKH bervariasi. Terendah senilai Rp112.500 untuk tahap 3 ini dan terbesar Rp850 ribu untuk bantuan maksimal.
”Sasaran dibayar berbasis komponen dari dua bidang, yakni pendidikan dan kesehatan. Pendidikan jika ada PKH yang memiliki anak usia sekolah tingkat SD, SMP, dan SMA. Sedangkan kesehatan jika PKH memiliki anak balita maksimal 6 tahun atau sedang hamil,” bebernya.
Sementara itu, Ketua DPRD Maros, AS Chaidir Syam juga turut memantau proses pencairan sasaran PKH di Tompobulu. Chaidir mengatakan, pemantauan ini dilakukan untuk menyaksikan langsung proses pencairan program PKH tahap ketiga berjalan lancar.
”Alhamdulillah, sejauh ini pencairan berjalan lancar. Kita berharap sasaran PKH memanfaatkan dana yang diterima benar-benar untuk kebutuhan pendidikan dan kesehatan keluarganya. Yang mendapat dana pendidikan minimal 80 persen itu peruntukannya pendidikan anak. Jangan dipakai beli sesuatu yang tidak penting. Begitu juga bagi ibu hamil agar dananya dipakai untuk mempermudah akses memeriksakan kandungannya,” pungkasnya. (ari/mir/c)


Comments

Copyright © 2017 Berita Kota Makassar.

To Top