Gojentakmapan

BPBD Gelar Diklat Relawan

MAROS, BKM — Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Maros menggelar diklat relawan bencana dalam kegiatan fasilitasi pemberdayaan dan pengembangan ketangguhan masyarakat Desa Tangguh Bencana (Destana). Diklat dilaksanakan selama lima hari. Materia yang diberikan terdiri atas materi kelas yang berlangsung di Hotel Remcy Makassar, kemudian dilanjutkan simulasi atau praktik water rescue dan fire rescue pada 6 Oktober di kawasan PTB Maros.
Sekretaris Daerah Kabupaten Maros, H Baharuddin saat membuka diklat ini menyampaikan, kabupaten Maros adalah satu-satunya daerah di Sulawesi Selatan yang terpilih untuk program nasional Desa Tangguh Bencana (Destana) 2016. Ini adalah suatu kepercayaan yang diberikan oleh Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) kepada Pemkab Maros.
Untuk itu, kepercayaan ini patut dijaga dengan menunjukkan prestasi dan kemampuan kita untuk mampu memahami serta menciptakan masyarakat tangguh bencana. ”Kami berharap dengan kegiatan ini peserta memiliki kemampuan dan ketangguhan dalam mengurangi risiko bencana bila terjadi bencana di sekitar kita,” ungkapnya.
Sedangkan Ketua DPRD Maros, HAS Chaidir Syam yang hadir menyampaikan materi mengemukakan, relawan bencana dan BPBD mesti senantiasa melakukan kesiapan dini atau deteksi dini dalam mengamati akan terjadinya bencana. Juga mempriortitaskan penanganan bencana dengan mengurangi risiko bencana.
”Upaya ini dilakukan untuk mencapai efisiensi dan efektivitas kegiatan penanggulangan bencana,” paparnya.
Sementara itu, Plt Kepala BPBD Maros, Husair Tompo, mengemukakan, peserta diklat relawan Destana ini berasal dari dua dua lokasi Destana di Maros, yakni Desa Bonto Tallasa Kecamatan Simbang sebanyak 20 orang dan Kelurahan Mattirodeceng Kecamatan Lau sebanyak 20 orang.
”Selain itu ada relawan BPBD Kabupaten Maros sebanyak 12 orang, PMI Maros sebanyak 2 orang, Pramuka Bencana 2 orang, SAR Maros sebanyak 2 orang Tagana sebanyak 2 orang, dengan total peserta 60 orang,” ujarnya.
Materi yang diberikan di antaranya visi dan misi kabupaten Maros sesuai RPJMD, kebijakan anggaran penanggulangan bencana, rencana strategis BPBD Maros, prinsip kemanusiaan, dampak bencana pada lingkungan, penanganan korban bencana, logistik, peranan masyarakat pada penanggulangan bencana. (ari/mir/c)

loading...
Comments

Copyright © 2017 Berita Kota Makassar.

To Top