Headline

Rp1,283 Triliun untuk Dua Paket Proyek MNP

MAKASSAR, BKM — PT Pelindo IV terus menggenjot pembangunan Makassar New Port (MNP) agar bisa diselesaikan tepat waktu. Data dari PT Pelabuhan Indonesia IV (Persero), hingga pertengah September lalu, atau hingga pekan ke-68, realisasi kumulatif dari pekerjaan fisik yang telah dilakukan sekitar 30,979 persen.
Informasi terbaru yang diperoleh, PT Pelindo IV sudah melakukan tanda tangan kontrak untuk pelaksanaan proyek MNP paket B dan C, dengan pagu anggaran masing-masing sebesar Rp1,055 triliun dan Rp228 miliar. Jika ditotal sebesar Rp1,283 triliun.
Menurut Arwin, Kepala Satuan Pengelola Proyek Makassar New Port, untuk proyek MNP paket B, kegiatannya meliputi reklamasi seluas kurang lebih 13 hektare, causeway sekitar 1.276 meter, lapangan kontainer sekitar 16 hektare dan pengerukan kolam pelabuhan minimal draft -16,0 mLWS. Sedangkan untuk paket C berupa pembangunan breakwater sepanjang 1.310 meter.
Sementara itu, terkait pelaksanaan proyek paket A yang pengerjaan fisiknya sudah dimulai sejak September 2015, kata Arwin, sampai dengan 31 Juli 2016 penyerapan anggarannya sudah Rp78 miliar dengan progress pengerjaan proyek fisiknya sudah melebihi 28,70 persen.
Itu belum termasuk progress pengerukan. Dengan total anggaran paket A sebesar Rp326 miliar, pekerjaan proyek terdiri dari dermaga sepanjang 320 meter, reklamasi seluas kurang lebih 3 hektare dan akses jalan sepanjang kurang lebih 100 meter.
Dia menyebutkan, proyek MNP paket A bahkan sudah melebihi master target yang ditetapkan, yaitu sebesar 25 persem.
Secara total, lanjut Arwin, pengerjaan proyek MNP Tahap I dibagi dalam tiga paket pengerjaan, yaitu paket A, B dan C, dengan total alokasi anggaran sebesar Rp1,8 triliun.
Menurutnya, proyek ini sengaja dibangun secara paket agar dapat dilakukan serentak, sehingga penyelesaiannya lebih cepat dan dilakukan secara terus menerus. “Secara total, proyek MNP Tahap I ditargetkan selesai pada triwulan II tahun 2018,” ujarnya. (rhm/rus)

loading...
Comments

Copyright © 2017 Berita Kota Makassar.

To Top