Sulselbar

Perampingan SKPD Hemat Anggaran Ratusan Juta

SIDRAP, BKM — Bupati Sidrap, Rusdi Masse menempuh kebijakan efisiensi anggaran. Rusdi Masse akan merampingkan sejumlah Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD).
Asisten III Setda Sidrap, Ruslan mengklaim, kebijakan itu akan menghemat belanja APBD hingga ratusan juta rupiah setiap tahunnya. Kebijakan itu berlaku 2017 mendatang.
Ketua tim kelembagaan daerah, Ruslan optimistis mampu menerapkan kebijakan itu dengan baik. Kebijakan perampingan SKPD itu. Apalagi telah disetujui DPRD.
“Nantinya, ada beberapa SKPD yang dilebur menjadi satu, ada juga yang naik kelas dari kantor menjadi dinas, juga ada SKPD yang dipisah dan beridiri sendiri,” ujarnya Selasa (4/10) Sekkab menambahkan Dispenda yang selama ini berdiri sendiri, akan dilebur menjadi satu dengan Badan Pengelolaan Keuangan Daerah (BPKD).
BPKP, Dinas Peternakan akan dilebur ke dalam Dinas Pertanian dan Perkebunan (Distanbun). Demikian halnya dengan Badan Kekeluarga Berencana Pemberdayaan Perempuan (BKBPP)
“Di BKBPP itu terpisah lagi menjadi Pengendalian KB yang masuk ke Dinas Kesehatan, lalu Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak masuk di Badan Pemberdayaan Masyarakat Desa,” kata Rustan.
Badan Lingkungan Hidup yang selama ini berdiri sendiri akan dilebur menjadi satu dengan Perumahan dan Pemukiman, termasuk Ke PU-an (Dinas Bina Marga dan Dinas Cipta Karya dan Tata Ruang) bergabung dengan Dinas Perhubungan.
Dinas Perhubungan dipecah menjadi Informatika, Statitik dan Persajian, “Kemungkinan besar ini akan berdiri sendiri nantinya,” paparnya.
Hal menarik dibalik kebijakan perampingan SKPD lingkup Pemkab Sidrap itu, adanya beberapa SKPD yang naik kelas yang semua hanya berstatus kantor akan menjadi dinas.
“Akan ada SKPD yang naik kelas nantinya, misalnya Kantor Satuan Polisi pamong Praja (Satpol PP) serta Pemadam Kebaran. Dua lembaga sub pemerintahan itu nantinya akan disulap menjadi dinas, serta beberapa SKPD lainnya yang berubah,” tandas Ruslan. (ady/D)

loading...
Comments

Copyright © 2017 Berita Kota Makassar.

To Top