Politik

IPI: Nurdin Halid Bisa Ciptakan Gerbong Baru

MAKASSAR, BKM–Ketua Golkar Sulsel transisi HAM Nurdin Halid (NH) tetap berpotensi untuk menciptakan gerbong baru di Sulsel pasca lengsernya Syahrul Yasin Limpo (SYL) sebagai komandannya partai berlambang pohon beringin rindang beberapa waktu lalu.
“Iya kenapa tidak, yang pasti peluang Nurdin Halid untuk membangun gerbong baru sangat terbuka. Sebagai ketua partai yang mengontrol 18 kursi di DPRD Sulsel tidak bisa dipungkiri bila hal itu sudah terbangun dengan infrastruktur partai yang telah dirombaknya beberapa waktu lalu,”ujar pemerhati politik dari Indeks Politika Indonesia (IPI) Suwadi Idris Amir, Selasa (4/10).
Menurut analisisi IPI, ada tiga agenda penting yang siap dihadapi gerbong NH yakni menghadapi Musda Golkar di Sulsel, mempersiapkan Pilgub dan Pilbup serentak 2018 serta memenangkan Pileg 2019 mendatang.
Selain itu, NH terus mendekati sejumlah tokoh berpengaruh seperti merangkul Agus Arifin Nu’mang, Ilham Arief Sirajuddin hingga mulai mendekati Abd Aziz Qahhar Mudzakkar.
Bisa jadi ada tiga skenario yang dipersiapkan yakni kalau NH maju di Pilgub, maka istri Agus bisa saja diplot sebagai calon wagub. “Kedua Agus didorong maju di Pilgub dan disandingkan dengan istri Ilham, Aliyah Mustika. Atau Golkar bisa lari ke Nurdin Abdullah dengan memaketkan Tanribali Lamo diposisi calon wagub,”ujar Suwadi.
Adapun Ichsan semakin kecil mengendarai golkar apalagi perlawanan mantan Bupati Gowa dua periode itu disejumlah media semakin membuat Ketua Harian DPP Golkar ini semakin jauh dari adik kandung SYL.
Hal senada dikemukakan Dosen politik Unismuh Makassar Arqam Azikin. Menurut Arqam peluang terciptanya gerbong NH memang bisa terjadi karena beberapa tarikan politik. “Kalau Musda Golkar Sulsel lambat atau sebaliknya NH mempercepat Musda berarti ada skenario menyiapkan Agus atau bisa juga dikasih ke Taribali bisa juga kembali ke Ichsan YL,”jelas Arqam kemarin.
Dijelaskan kalau Musda Golkar Sulsel tak tuntas berarti NH juga mengincar Pilgub, “Jadi Nurdin bisa memilih mau cepat atau lambat,”jelasnya.
Menurut Arqam seharusnya Plt Golkar Sulsel mempercepat Musda dalam sebulan terakhir dan melanjutkan Musda kabupaten kota hingga empat bulan kemudian. “Golkar harus lebih cepat dari partai lain, tapi hal ini berbeda sebab partai lain sudah selesai melakukan konsolidasi,”pungkasnya. (rif)

loading...
Comments

Copyright © 2017 Berita Kota Makassar.

To Top