Metro

Honorer Masih Kantongi Gaji Rp500 Ribu

MAKASSAR, BKM–Nasib pegawai negeri sipil (PNS) dan honorer yang sangat timpang menimbulkan keprihatinan anggota Badan Anggaran DPRD Kota Makassar. Itu sebabnya, dewan tengah memperjuangkan agar gaji honorer bisa Rp1 juta per bulan.

Alasan Banggar menaikkan gaji honorer, dengan pertimbangan kinerja yang berat serta tingginya tanggungjawab yang dibebankan oleh institusinya.
“Rp500.000 per bulan sangat kecil. Apalagi rata-rata tenaga honorer memiliki beban kerja yang berat dari pada pegawai negeri sipil (PNS). Insya Allah, 2017 kita perjuangkan lagi agar mereka bisa lebih sejahtera,” Ungkap Ketua Banggar Adi Rasyid Ali di Makassar, Selasa (4/10).
Wakil Ketua DPRD Makassar itu menambahkan, pada pembahasan APBD Pokok tahun ini, pihaknya telah merencanakan adanya penambahan Rp500.000 lagi, sehingga setiap pegawai honorer telah menerima Rp1 juta. Hanya saja, Pemerintah Kota Makassar belum merestui akibat anggaran yang masih minim.
Kendala lainnya menurut Politisi Partai Demokrat itu, jumlah pegawai yang terlalu banyak. Di Makassar sendiri kata dia, honorer mencapai 4.500 orang. Dengan gaji Rp500.000 yang diberikan sudah sangat membenani APBD.
“Kita tetap perjuangkan meski sulit dilakukan sebab realisasi PAD tidak pernah mencapai target. Andai PAD di Makassar ini dapat mencapai target Rp1,2 triliun maka kenaikan dapat saja dipertimbangkan. Tapi kedepan tetap kami kejar itu agar terealisasi,” ujarnya.
Lebih jauh kata Legislator dua periode itu, bisa saja tahun ini honorer bergaji Rp1 juta, tetapi harus dilakukan pengurangan pegawai sekitar 30-45 persen dari jumlah yang ada. Tapi langkah itu tidak dilakukan, mengingat akan menjamur pengangguran jika tidak digunakan tenaganya.
“Dilema memang, mau dinaikkan tidak cukup anggaran, dikurangi kita kekurangan tenaga, jadi kita berusaha saja agar PAD dapat naik drastis, itu sebabnya kemarin-kemarin kita tekankan agar Pemkot menggenjot PAD kita,” tuturnya.
Sementara itu, Sekretaris DPRD Makassar, Adwi Awan Umar mengatakan sewaktu-waktu gaji honorer dapat saja dinaikkan jika penarikan pajak sudah membaik. Dia yakin pada 2017 mendatang kenaikan direncakanan ada. “Tahun depan jika sistem penarikan pajak secara online optimal, maka yakin maki gaji honorer akan dinaikkan,” ucapnya.
Terkait besaran kenaikan, Adwi mengaku belum tahu pasti. Sebab, pihaknya juga akan memperhitungkan serta melakukan koordinas dengan pemkot dan Wali Kota Makassar, Ramdhan Pomanto. “Keputusan nanti ada sama pak wali. Jika PAD Makassar naik drastis, kenaikan akan terealisasi,” singkatnya.
Ia juga menambahkan, secara keselurahan honorer dapat menerima gaji lebih dari Rp500.000 bahkan ada yang mencapai Rp3 juta. Menurut dia, memang gaji pokok Rp500.000 tapi tunjangan kegiatan lainnya cukup banyak yang tetap dibayarkan.
“Tidak ada itu pegawai honor hanya dapat Rp500.000. Pasti lebih dari itu, karena ada juga tunjangan kegiatan yang diperoleh,” tutupnya.(ita)

loading...
Comments

Copyright © 2017 Berita Kota Makassar.

To Top