Cakka Ngotot Kepastian Soal Luteng – Berita Kota Makassar
Sulselbar

Cakka Ngotot Kepastian Soal Luteng

TEKEN -- Bupati Luwu Andi Mudzakkar saat hadir dan menandatangani dokumen usulan pemekaran Luteng dihadapan komite I DPD RI Bahar Ngitung. Selasa (4/10)

LUWU, BKM — Bupati Luwu Andi Mudzakkar nampak bosan dengan janji-janji pemerintah pusat untuk pemekaran Luwu Tengah. Bupati Luwu dua periode itu dengan tegas akan meminta kepastian kapan Luteng bisa di mekarkan.
“Kami di Pemkab sudah bosan dengan beragam bentuk dukungan sejak Luwu Tengah (Luteng) bergulir untuk dimekarkan termasuk rencana pemekaran ratusan Daerah Otonom Baru (DOB) di Indonesia yang seolah tak berujung”ketus Bupati Luwu, Andi Mudzakkar saat berbicara di hadapan komite I DPD RI di Jakarta, Selasa (4/10).
Menurut Cakka dia secara tegas meminta kepastian kapan DOB tersebut dimekarkan.
“Jujur saja pak, kami ini para bupati di daerah, sudah bosan dengan yang namanya dukungan. Yang kami minta sekarang, DPD ini sebagai salah satu faktor penentu pemekaran, mampu memberi tekanan kepada pemerintah termasuk DPR RI, meminta kepastian soal kapan semua yang masuk dalam calon DOB itu bisa dimekarkan. Apakah ini tahun, tahun depan atau tiga tahun berikut, misalnya. Harus ada kepastian sekarang,”tegas Mudzakkar.
Mudzakkar yang beralasan, kepastian waktu pemekaran itu penting, mengingat kesiapan pemda menyiapkan anggaran dalam menyambut DOB ini.
“Luwu Tengah sudah tidak ada lagi masalah atau kendalanya di tingkat bawah. Baik di Luwu maupun di propinsi. Semua sudah beres. Sisa yang kami tunggu bagaimana eksekusi di tingkat atas. Kapan ini diketuk palunya. Kalau sudah ada kepastian, kan kita lebih awal bisa menyiapkan segala sesuatunya, terutama anggaran penyiapan infrastruktur DOB ini,” ujarnya.
Pernyataan Cakka ini, sontak mendapat tepuk tangan riuh para undangan yang hadir di ruang Nusantara V gedung MPR/DPR/DPD RI, Jakarta, Selasa (4/10).
“Harus ada komitmen kuat yang lahir di sini. Peran DPD sangat kami harapkan,”terang Cakka.
Turut mendampingi Cakka, selain Wakil Bupati Luwu, Amru Saher, turut hadir pula Ketua DPRD Luwu, Andi Muharrir, beserta Anggota DPRD Luwu dan pejabat teras lingkup Pemerintah Kabupaten Luwu.
Rapat kerja Komite I DPD RI ini, dipimpin Ketua Komite I DPD RI, Ahmad Muqawwan.
Dalam sambutan singkatnya, Ahmad Muqawwan menegaskan, bahwa tanpa DPD tidak akan ada pemekaran.
“Ini sesuai amanat UU 23 tahun 2014, disitu jelas kewenangan DPD. Ini akan jadi fokus kita. Semoga 2018 mendatang, semua DOB itu serentak dimekarkan. Kalau pemerintah pusat tidak segera merealisasikan ini, itu sama saja melanggar aturan,” tegas Ahmad Muqawwan (wan/C)

Comments

Social Media

Dalam melaksanakan tugas jurnalistik, wartawan Berita Kota dibekali tanda pengenal. Tidak diperkenankan menerima, apalagi meminta, imbalan dari siapapun, dalam bentuk apapun, serta dengan alasan apapun.

Copyright © 2017 Berita Kota Makassar.

To Top