Headline

Kursi Sekkot Mulai Panas

MAKASSAR, BKM — Jabatan Ibrahim Saleh sebagai Sekretaris Kota (Sekkot) Makassar tinggal menghitung bulan. Awal 2017 mendatang, ia akan mengakhiri pengabdiaannya sebagai seorang Aparatur Sipil Negara (ASN).
Menyusul kian dekatnya masa pensiun Ibe –sapaan akrab Ibrahim Saleh–, sejumlah nama pejabat Pemkot Makassar yang berada pada eselon II mulai digadang-gadang sebagai calon pengganti. Bahkan ada diantaranya yang sudah menyatakan kesiapannya mengikuti lelang jabatan, yang prosesnya akan dilaksanakan Januari atau Februari 2017 mendatang.
Bukan hanya pejabat eselon II yang kini meramaikan panasnya perebutan kursi sekkot. Mantan pejabat yang telah dua kali menduduki jabatan eselon II di tempat berbeda, juga berpeluang menjadi calon. Pangkat IVc yang sudah dua tahun lebih menduduki jabatan, juga masuk dalam kriteria dan berkesempatan untuk ikut bersaing.
Asisten I Bidang Pemerintahan, Muh Sabri dengan tegas menyatakan dirinya sudah sangat siap mengikuti seleksi dan lelang jabatan sekkot. Apalagi jika dirinya diusulkan untuk menduduki jabatan tersebut, karena ia menilai itu sebuah amanah yang harus dilaksanakan.
”Jabatan itu adalah amanah. Artinya, biar kita tidak menginginkannya, tapi Tuhan yang berkeinginan, pasti akan terjadi,” ujarnya, kemarin.
Sabri mengaku, sebelum mendapat amanah menjadi Asisten I Pemkot Makassar, dia telah menduduki sejumlah jabatan. Mulai dari lurah, Kasatpol PP, Kadis Perhubungan dan sejumlah jabatan lainnya.
Terpisah, mantan Kepala Dinas Pendapatan Daerah (Kadispenda) Kota Makassar yang saat ini menjabat Asisten III Bidang Aset Pemkot Makassar, Takdir Hasan Saleh memilih untuk tidak banyak berkomentar terkait peluang dirinya menduduki jabatan sekkot.
“Nanti dilihat. Pokoknya dimana dikasih, itulah yang saya pilih,” singkat Takdir, Senin (3/10).
Hal senada disampaikan Asisten II, Gani Sirman, Mantan Kepala Dinas Koperasi dan UKM Kota Makassar itu juga tidak berkomentar banyak terkait peluang dirinya untuk ikut dalam pencalonan sekkot.
Dia hanya berharap, Wali Kota Makassar akan mengusulkan dirinya untuk ikut dalam pencalonan dan seleksi sekkot yang rencananya akan dimulai 2017 mendatang.
“Saya tidak bisa berkomentar banyak soal itu. Kalaupun dinilai bisa ikut pencalonan sekkot, saya bersyukur. Tapi semua tergantung Pak Wali,” ujar Gani Sirman.
Terpisah, Wali Kota Moh Ramdhan Pomanto memberikan lampu hijau kepada seluruh pejabat eselon II yang telah menduduki jabatan sebagai kadis sebanyak dua kali, untuk mengikuti proses seleksi dan lelang calon sekkot. Apalagi, Pemkot Makassar sudah tidak lagi mengusulkan nama-nama pejabat tersebut ke Pemprov Sulsel yang akan bersaing menjadi sekkot.
”Siapa saja boleh ikut, asalkan memenuhi kriteria. Salah satunya telah menduduki jabatan sebagai kepala dinas sebanyak dua kali. Pemkot juga tidak lagi mengusulkan nama-nama pejabat yang akan mengikuti pencalonan dan lelang calon sekkot,” kata Danny. (arf/rus)

loading...
Comments

Copyright © 2017 Berita Kota Makassar.

To Top