Kriminal

Jaksa Telusuri Proses Anggaran RKB SMPN 12

MAKASSAR, BKM — Untuk kepentingan pengumpulan data dan bahan keterangan dalam kasus proyek pembangunan Ruang Kelas Baru (RKB) SMPN 12 Makassar, Kejaksaan Negeri (Kejari) Makassar akan menelusuri proses penganggaran, guna mengetahui penyimpangan dalam proses pelaksanaan proyek tersebut.
Tim penyelidik Kejaksaan Negeri (Kejari) Makassar telah mengantongi informasi serta keterangan dari sejumlah pihak terkait kasus tersebut, yang kini tengah diusut.
Kepala Kejari Makassar, Deddy Suwardy Surachman, mengatakan jika pihaknya telah mengantongi sejumlah informasi terkait proyek pembangunan RKB SMPN 12 Makassar.
Dia mengaku, bila proyek tersebut, setelah ditemukannya sejumlah dokumen oleh tim penyelidik yang diterjunkan untuk menelusuri kasus ini, menemukan fakta, jika sumber anggaran proyek tersebut bersumber dari Dana Alokasi Khusus (DAK) yang dikucurkan melalui dinas pendidikan kota Makassar tahun 2014.
“Dari informasi yang kita peroleh, proyek ini dibangun dengan menggunakan dana DAK, melalui dinas Pendidikan Kota Makassar,” ujar Kepala Kejari Makassar, Deddy Suwardy Surachman, Minggu (2/10).
Deddy menuturkan proyek tersebut diperkirakan telah menggunakan anggaran sekitar ratusan juta rupiah. Hanya saja Deddy belum bisa menyebutkan secara pasti berapa besaran anggaran dana DAK yang dialokasikan untuk proyek pembangunan RKB SMPN 12 Makassar.
Deddy menuturkan pihaknya berencana akan melakukan pemeriksaan terhadap pihak dari Dinas Pendidikan Kota Makassar, untuk mencari tahu penyebab proyek itu terbengkalai.
Saat ini kata Deddy pihaknya masih terus mendalami kasus tersebut, untuk menemukan fakta serta bukti-bukti kuat terkait kasus itu.
“Kita menemukan fakta kalau rekanan yang mengerjakan proyek tersebut, telah diberi pinalti atas keterlambatan pekerjaan itu. Rekanan juga akan kita mintai keterangannya, soal apa penyebab proyek itu tidak selesai dikerjakan,” tandasnya.
Tak hanya itu, pihaknya juga akan menelusuri serta mencari bukti-bukti terkait, proses penganggaran dalam proyek tersebut. (mat-drw)


Comments

Copyright © 2017 Berita Kota Makassar.

To Top